Pengembangan multimedia interaktif berbasis PBL untuk meningkatkan hasil belajar kognitif dan keterampilan pemecahan masalah pada materi dampak perubahan lingkungan / Riska May Habibi

Habibi, Riska May (2019) Pengembangan multimedia interaktif berbasis PBL untuk meningkatkan hasil belajar kognitif dan keterampilan pemecahan masalah pada materi dampak perubahan lingkungan / Riska May Habibi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Habibi, Riska May. 2018. Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis PBL untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif dan Keterampilan Pemecahan Masalah pada Materi Dampak Perubahan Lingkungan. Skripsi, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Prof. Dr. Mimien Henie Irawati, M.S., (II) Dr. Fatchur Rohman, M.Si. Kata Kunci: multimedia, problem-based learning, keterampilan pemecahan masalah,hasil belajar kognitif, dampak perubahan lingkungan Perkembangan teknologi yang semakin pesat ikut berpengaruh pada dunia pendidikan. Salah satu keterampilan yang dibutuhkan dalam dunia pendidikan di abad 21 ini ialah keterampilan pemecahan masalah yang dapat dimunculkan melalui berbagai macam model pembelajaran salah satunya pembelajaran berbasis masalah (PBL). Selain dapat memunculkan keterampilan pemecahan masalah, model pembelajaran berbasis masalah ini juga dapat mempengaruhi berpikir kognitif peserta didik. Proses pengembangan ini mengikuti metode pengembangan Lee & Owen (2004) yang terdiri atas analisis kebutuhan, desain, pengembangan dan implementasi serta evaluasi. Materi yang digunakan yaitu dampak perubahan lingkungan karena menurut guru biologi dari kelas sasaran, beliau seringkali menggunakan metode PBL pada materi tersebut. Namun ketika diadakan tes awal serta observasi, keterampilan pemecahan masalah peserta didik serta hasil belajar kognitif peserta didik masih kurang. Hasil validasi yang dilakukan oleh ahli materi menunjukkan persentase rerata sebesar 88,91 % (sangat valid). Untuk validasi oleh ahli media memiliki persentase rerata sebesar 96,35% (sangat valid) serta validasi dari praktisi lapangan sebesar 85,22 % (sangat valid). Pada validasi kepraktisan menunjukkan persentase rerata sebesar 91,12 % (sangat praktis). Hasil uji t pada pretest-postest hasil belajar kognitif menunjukkan nilai sebesar 0,00 pada nilai probabilitas yang kurang dari nilai α (0,05) yang menunjukkan bahwa ada perbedaan signifikan pada sebelum dan sesudah implementasi. Perbedaan tersebut diukur dengan n-gain yang menghasilkan skor sebesar 0,64 yang berarti memiliki peningkatan sedang. Pada uji t pretest-posttest keterampilan peemecahan masalah, nilai probabilitas memiliki nilai sebesar 0,00 yang berarti kurang dari α (0,05) yang menunjukkan bahwa adanya perbedaan antara sebelum dan sesudah implementasi. Hasil uji n-gain menunjukkan nilai sebesar 0,61 yang menunjukkan bahwa peningkatan keterampilan pemecahan masalah bersifat sedang. Berdasarkan hasil yang diperoleh, maka multimedia interaktif yang dikembangkan sudah layak sebagai media pembelajaran dan dapat meningkatkan keterampilan pemecahan masalah serta hasil belajar kognitif pada materi dampak perubahan lingkungan kelas X di SMA Panjura Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/25300

Actions (login required)

View Item View Item