Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada mata pelajaran IPA untuk siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Jabon Sidoarjo / Lailatur Rohmah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada mata pelajaran IPA untuk siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Jabon Sidoarjo / Lailatur Rohmah

Rohmah, Lailatur (2011) Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada mata pelajaran IPA untuk siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Jabon Sidoarjo / Lailatur Rohmah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci pengembangan media pembelajaran multimedia interaktif IPA Multimedia interaktif merupakan suatu media atau alat pembelajaran yang bersifat komunikasi dua arah yang berisi materi metode batasan-batasan dan cara mengevaluasi yang dirancang secara sistematis dan menarik yang mengkombinasikan teks grafik animasi audio dan gambar video untuk mencapai kompetensi mata pelajaran yang diharapkan. Mata pelajaran yang digunakan yaitu mata pelajaran IPA Fisika yang didalamnya juga terdapat terhadap gejala alam yang hidup dalam lingkup ruang dan waktu. Dari suatu proses kejadian alam yang membutuhkan waktu lama menjadi cepat yang cepat menjadi lambat yang besar bisa terlihat kecil dan yang kecil bisa terlihat besar. Berdasarkan dari tujuan pembelajaran jenis materi IPA Fisika yang mengacu kepada kemampuan siswa dalam proses terjadinya getaran gelombang bunyi serta pembentukan bayangan pada cermin yang tidak dapat dilihat langsung bagaimana prosesnya sehingga memerlukan penjelasan dan contoh yang jelas dan nyata yang dapat dipahami oleh siswa. Oleh karena itu diperlukan adanya media yang dapat menjelaskan materi tersebut secara rinci. Sehingga pengembang menggunakan multimedia interaktif sebagai suatu media yang dapat menunjang siswa dalam memahami materi terutama materi yang berkaitan dengan lingkup ruang dan waktu karena komponen yang terdapat di dalam media ini tidak hanya terdiri dari teks akan tetapi gambar animasi dan video. Tujuan dari pengembangan ini adalah untuk menghasilkan produk berupa multimedia interaktif dan mendekripsikan hasil belajar siswa dengan menggunakan multimedia interaktif pada mata pelajaran IPA Fisika kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Jabon Kabupaten Sidoarjo. Subyek penelitian dalam uji coba pengembangan ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Jabon Sidoarjo Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif yang dihasilkan dari hasil skor angket dan evaluasi hasil belajar siswa dengan menggunakan pre test dan post test. Hasil dari penelitian pengembangan ini berupa media pembelajaran berbasis multimedia interaktif mata pelajaran IPA Fisika pokok materi Getaran Gelombang Bunyi dan Cahaya . Media tersebut divalidasikan pada ahli media ahli materi dan siswa. Hasil validasi tersebut adalah 1) data ahli media pada kriteria kelayakan multimedia interaktif dikatakan valid/layak digunakan dengan hasil persentase 85 5% 2) data ahli materi pada kriteria kelayakan modul interaktif dikatakan valid/layak digunakan dalam pembelajaran dengan hasil persentase 90% 3) data siswa perorangan kelompok kecil dan kelompok besar (uji lapangan) hasil yang diperoleh adalah 90 8% 88 5% dan 93 8% sehingga pada kriteria kelayakan modul interaktif dikatakan valid/layak digunakan dalam pembelajaran 4) pada data hasil pre-test dan post-test perseorangan terjadi ii peningkatan hasil belajar sebesar 100% hal ini menunjukkan multimedia interakti yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran. Kesimpulan dari pengembangan ini adalah multimedia yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran. Dalam penelitian ini saran yang pengembang ajukan kepada pengembang berikutnya adalah hendaknya lebih memperhatikan pemilihan jenis materi dan jenis tujuan pemilihan software rancangan produk komposisi warna dan gambar pemilihan backsound serta soundeffect dan penggunaan animasi agar dapat menghasilkan media yang layak untuk disajikan. Serta petunjuk pemanfaatan dan penggunaan medianya hendaknya lebih jelas dan detail agar dapat membantu kelancaran guru dan siswa dalam menggunakan media.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Oct 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/253

Actions (login required)

View Item View Item