Anton (2019) Penerapan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bakteri kelas XE.1 SMAN 8 Malang / Anton. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Anton.2012.Penerapan model pembelajaran Student Team Achievment Division (STAD) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bakteri kelas X E.1 SMAN 9 Malang.Program Studi Pendidikan Biologi.FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Murni Sapta Sari, M.Si dan Sitoresmi Prabanintyas, S.Si., M.Si Kata Kunci: Hasil Belajar, Model pembelajaran STAD Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan Hasil Belajar siswa melalui Penerapan Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) kelas X IPA E.1 SMAN 9 Malang pada materi Bakteri. PTK ini dilakukan dalam dua siklus,untuk setiap siklus,pada 1 kali pertemuan (4x 45 menit).Masing-masing siklus terdiri atas tahapan-tahapan (1)planning (perencanaan), (2) implementing(pelaksanaan tindakan), (3) observing(observasi) dan (4) reflecting (refleksi). Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif-kuantitatif.Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X E.1 SMAN 9 Malang, dengan jumlah 35 siswa, tahun ajaran 2018/2019, Semester gasal. Analisis data penelitian ini pada prinsipnya menggunakan teknik analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif STAD dapat dilaksanakan di kelas X E.1 SMAN 9 Malang dengan baik.penerapan model kooperatif STAD di siklus I dan siklus II dapat meningkatkan hasil belajar kognitif, afektif dan psikomotor siswa kelas X E.1 SMAN 9 Malang. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X IPA E.1 SMAN 9 Malang yang dibuktikan dengan adanya peningkatan jumlah siswa yang memenuhi kriteria ketuntasan minimal.Setelah penerapan Model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) pada siklus I siswa yang memenuhi KKM sebanyak 83% dan siklus II sebanyak 94%. Peningkatan hasil belajar afektif pada siklus I sebesar 92% dan siklus II sebesar 100%. Hasil belajar psikomotor dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 6%.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Users 2 not found. |
Date Deposited: | 28 Jan 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/25299 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |