Penerapan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bakteri kelas XE.1 SMAN 8 Malang / Anton

Anton (2019) Penerapan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bakteri kelas XE.1 SMAN 8 Malang / Anton. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Anton.2012.Penerapan model pembelajaran Student Team Achievment Division (STAD) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bakteri kelas X E.1 SMAN 9 Malang.Program Studi Pendidikan Biologi.FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Murni Sapta Sari, M.Si dan Sitoresmi Prabanintyas, S.Si., M.Si Kata Kunci: Hasil Belajar, Model pembelajaran STAD Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan Hasil Belajar siswa melalui Penerapan Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) kelas X IPA E.1 SMAN 9 Malang pada materi Bakteri. PTK ini dilakukan dalam dua siklus,untuk setiap siklus,pada 1 kali pertemuan (4x 45 menit).Masing-masing siklus terdiri atas tahapan-tahapan (1)planning (perencanaan), (2) implementing(pelaksanaan tindakan), (3) observing(observasi) dan (4) reflecting (refleksi). Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif-kuantitatif.Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X E.1 SMAN 9 Malang, dengan jumlah 35 siswa, tahun ajaran 2018/2019, Semester gasal. Analisis data penelitian ini pada prinsipnya menggunakan teknik analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif STAD dapat dilaksanakan di kelas X E.1 SMAN 9 Malang dengan baik.penerapan model kooperatif STAD di siklus I dan siklus II dapat meningkatkan hasil belajar kognitif, afektif dan psikomotor siswa kelas X E.1 SMAN 9 Malang. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X IPA E.1 SMAN 9 Malang yang dibuktikan dengan adanya peningkatan jumlah siswa yang memenuhi kriteria ketuntasan minimal.Setelah penerapan Model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) pada siklus I siswa yang memenuhi KKM sebanyak 83% dan siklus II sebanyak 94%. Peningkatan hasil belajar afektif pada siklus I sebesar 92% dan siklus II sebesar 100%. Hasil belajar psikomotor dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 6%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/25299

Actions (login required)

View Item View Item