Pengembangan instrumen soal essay tipe Higher Order Thinking Skills (HOTS) materi struktur jaringan dan fungsi organ pada tumbuhan kelas XI SMAN 1 Tumpang / M. Hisyam Baidlowi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan instrumen soal essay tipe Higher Order Thinking Skills (HOTS) materi struktur jaringan dan fungsi organ pada tumbuhan kelas XI SMAN 1 Tumpang / M. Hisyam Baidlowi

Baidlowi, M. Hisyam (2019) Pengembangan instrumen soal essay tipe Higher Order Thinking Skills (HOTS) materi struktur jaringan dan fungsi organ pada tumbuhan kelas XI SMAN 1 Tumpang / M. Hisyam Baidlowi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Baidlowi M.Hisyam. 2018. Pengembangan Instrumen Soal Essay Tipe Higher Order Thinking Skill (HOTS) Materi Struktur Jaringan dan Fungsi Organ pada Tumbuhan Kelas XI SMAN 1 Tumpang. Skripsi Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Sunarmi M.Pd. (II) Dr. Sulisetijono M.Si. Kata Kunci soal essay HOTS jaringan dan fungsi organ Penilaian merupakan salah satu kegiatan penting dan harus dilakukan dalam proses pembelajaran guna memperoleh memperoleh informasi tentang hasil belajar atau ketercapaian kompetensi siswa (Adiputra 2012). Penilaian yang dilakukan harus sesuai dengan kecakapan hidup abad 21 salah satunya yaitu penilaian bertipe HOTS (Higher Orde Thinking Skills) atau penilaian yang mampu mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi. Instrumen tes yang disusun oleh guru Biologi hanya mengukur kemampuan berpikir tingkat rendah dan kemampuan berpikir tingkat menengah siswa serta soal yang dibuat juga kurang sesuai dengan indikator kompetensi. Penelitian ini bertujuan (1) mengembangkan instrumen soal essay tipe HOTS RPP dan LKS materi struktur jaringan dan fungsi organ pada tumbuhan (2) menguji validitas logis instrumen soal essay tipe HOTS RPP dan LKS materi struktur jaringan dan fungsi organ pada tumbuhan (3) menguji validitas empiris instrumen soal essay tipe HOTS materi struktur jaringan dan fungsi organ pada tumbuhan (4) menguji kepraktisan instrumen soal essay tipe HOTS RPP dan LKS materi struktur jaringan dan fungsi organ pada tumbuhan dan (5) menguji keefektifan instrumen soal essay tipe HOTS. Model pengembangan produk yang digunakan adalah ADDIE yang terdiri dari 5 langkah yaitu Analysis Design Develop Implement dan Evaluate. Produk pengembangan utama berupa instrumen soal essay tipe HOTS dan produk pelengkap berupa RPP dan LKS. Sebelum produk diujicobakan produk divalidasi oleh ahli asesmen ahli materi dan praktisi lapangan. Uji coba dilakukan terhadap 98 siswa kelas XI IPA di SMAN 1 Tumpang. Jenis data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif berupa skor skala pada lembar validasi angket respon pengguna dan lembar observasi keterlaksanaan sintaks pembelajaran. Data kualitatif berupa komentar dan saran yang diisi oleh validator pengguna/subyek dan observer. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif. Hasil penelitian dan pengembangan berupa persentase hasil validasi oleh ahli asesmen untuk instrumen soal essay tipe HOTS memiliki validitas isi sebesar 100% validitas konstruk sebesar 100% kualitas instrumen soal sebesar 98 22% RPP sebesar 98 26% dan LKS sebesar 96 43%. Hasil validasi oleh ahli materi untuk instrumen soal essay tipe HOTS diperoleh persentase tingkat kevalidan sebesar 100% RPP sebesar 89 29% dan LKS sebesar 89 29 Hasil validasi oleh praktisi lapangan terhadap instrumen soal essay tipe HOTS diperoleh persentase tingkat kevalidan sebesar 100% RPP sebesar 96 22% dan LKS sebesar 92 86% Hasil uji coba instrumen soal essay tipe HOTS untuk reliabilitas sebesar 0 78 yaitu dengan kategori tinggi tingkat kepraktisan dari guru sebesar 94 44% dan dari siswa sebesar 93 77%. Analisis tingkat kepraktisan untuk RPP dari guru sebesar 97 50%. Analisis tingkat kepraktisan untuk LKS dari guru sebesar 95 00% dan siswa sebesar 93 89%. Analisis tingkat keefektifan dilakukan dengan menghitung rerata hasil tes dari 98 siswa. Hasil perhitungan uji keefektifan menunjukkan rata-rata skor sebesar 31 65 dari skala 56 artinya instrumen tersebut efektif dalam mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Tingkat keberhasilan tes siswa juga dipengaruhi oleh proses pembelajaran yang dilakukan. proses pembelajaran pada penelitian ini menggunakan RPP dan LKS yang dikembangkan dengan model pembelajaran PBL. LKS berisi suatu permasalahan materi struktur jaringan dan fungsi organ pada tumbuhan yang bermuatan Higher Order Thinking Skills (HOTS) dengan substansi yang kontekstual. Simpulan penelitian dan pengembangan ini adalah produk berupa instrumen soal essay tipe HOTS RPP dan LKS yang dikembangkan memiliki kriteria sangat valid reliabel efektif dan sangat praktis untuk mengembangkan dan mengukur kemampuan berpikir tingkat siswa. Saran yang dapat diberikan yaitu produk ini dapat digunakan oleh guru Biologi namun sebelumnya harus melalui tahap revisi dan diharapkan guru dapat mengembangkan produk serupa pada materi yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/25297

Actions (login required)

View Item View Item