Pengaruh interaksi gaya belajar dan model pembelajaran Team, Games, & Tournament (TGT) berbantuan mind map terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas XI MAN Kota Batu / Widiawati Suharto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh interaksi gaya belajar dan model pembelajaran Team, Games, & Tournament (TGT) berbantuan mind map terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas XI MAN Kota Batu / Widiawati Suharto

Suharto, Widiawati (2019) Pengaruh interaksi gaya belajar dan model pembelajaran Team, Games, & Tournament (TGT) berbantuan mind map terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas XI MAN Kota Batu / Widiawati Suharto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Suharto Widiawati. 2018. Pengaruh Interaksi Gaya Belajar dan Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Berbantuan Mind map terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Kota Batu. Skripsi Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dra. Herawati Susilo M.Sc. Ph.D. (II) Siti Imroatul Maslikah S. Si M. Si. Kata Kunci Gaya Belajar kemampuan berpikir kritis hasil belajar Team Games Tournament (TGT) Berbantuan Mind map. Hasil belajar merupakan perubahan tingkah laku siswa yang didasari terus-menerus fungsional positif bertujuan dan komprehensif. Hasil belajar mencakup ranah kognitif afektif psikomotor. Hasil belajar siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya kemampuan berpikir kritis dan gaya belajar siswa. Kemampuan berpikir kritis ini dapat dilatihkan pada siswa melalui pembelajaran salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran yang sesuai. Model pembelajaran TGT berbantuan mind map dapat memberikan kesempatan bagi siswa untuk berlatih berpikir kritis. Selain itu gaya belajar merupakan salah satu faktor yang dapat berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa karena berhubungan dengan kemampuan siswa menyerap informasi dan input yang diberikan oleh guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa (2) pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan mind map terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa dan (3) pengaruh interaksi gaya belajar dan model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan mind map terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen semu dengan model rancangan penelitian pretest-posttest non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI SMA/MA. Sampel penelitian dipilih secara random sampling pada kelas yang setara. Kelas XI MIPA 5 sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran TGT berbantuan mind map XI MIPA 1 sebagai kelas kontrol positif dengan model pembelajaran TGT dan XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol negatif yang menggunakan model pembelajaran yang biasa digunakan oleh guru. Pengumpulan data hasil belajar kognitif melalui pretest dan posttest dengan soal pilihan ganda hasil belajar afektif dengan observasi yang dibantu oleh observer dan hasil belajar psikomotor melalui penilaian karya. Data kemampuan berpikir kritis diperoleh melalui pretest dan posttest dengan soal essay. Gaya belajar siswa diukur menggunakan angket gaya belajar. Uji hipotesis menggunakan uji anakova 2 jalur. Hasil uji anakova menunjukkan bahwa (1) tidak ada pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa (2) ada pengaruh vi model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan mind map terhadap hasil belajar tetapi tidak ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan mind map terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dan (3) tidak ada pengaruh interaksi gaya belajar dan model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan mind map terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa. Uji lanjut menunjukkan perbedaan signifikan pada ketiga kelas tetapi hasil belajar tertinggi pada kelas kontrol positif dengan demikian mind map tidak berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian untuk penelitian selanjutnya disarankan untuk menambah waktu untuk membelajarkan berpikir kritis kepada siswa. Selain itu penilaian terhadap hasil belajar psikomotor tidak hanya penilaian karya saja tetapi juga penilaian oleh teman sekelompok dan penilaian oleh diri sendiri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/25296

Actions (login required)

View Item View Item