Pengembangan perangkat pembelajaran KD 3.8 untuk kelas X MA Al-Ittihad berbasis potensi lokal kawasan wisata Coban Pelangi Kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang / Siti Nur Aisyah

Aisyah, Siti Nur (2019) Pengembangan perangkat pembelajaran KD 3.8 untuk kelas X MA Al-Ittihad berbasis potensi lokal kawasan wisata Coban Pelangi Kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang / Siti Nur Aisyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Aisyah, Siti Nur. 2018. Pengembangan Perangkat Pembelajaran KD 3.8 untuk Kelas X MA Al-Ittihad Berbasis Potensi Lokal Kawasan Wisata Coban Pelangi Kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Triastono Imam P.,M.Pd.,(2)Drs. I Wayan S.,M.Sc. Kata kunci : perangkat pembelajaran, kawasan wisata Coban Pelangi, plantae Potensi lokal merupakan potensi yang dapat diangkat sebagai bahan pembelajaran yang menarik. Pengintegrasian potensi lokal dalam pembelajaran akan memberikan wawasan kepada peserta didik terkait potensi daerah dan nilai-nilai kearifan lokal, sehingga peserta didik dapat mengalami internalisasi nilai yang dapat mengantarkan peserta didik menjadi pribadi yang berkarakter. Hasil telaah silabus, RPP, dan hasil wawancara dengan guru biologi kelas X MA Al-Ittihad, diketahui bahwa sumber belajar yang digunakan oleh guru adalah buku paket biologi kurikulum 2006 meskipun sekolah menerapkan kurikulum 2013. Hal ini sangat disayangkan mengingat besarnya potensi lokal disekitar lingkungan sekolah yang dapat dikembangkan menjadi sumber belajar oleh guru. Salah satu potensi yang mendukung kegiatan pembelajaran KD 3.8 adalah Coban Pelangi yang memiliki keanekaragaman tumbuhan yang tinggi meliputi tumbuhan lumut, tumbuhan paku, dan tumbuhan berbiji. Hasil telaah RPP dan silabus juga menunjukkan bahwa model pembelajaran yang diterapkan oleh guru dalam pembelajaran KD 3.8 adalah inkuiri terbimbing. Akan tetapi saat dilakukan observasi pembelajaran, kegiatan pembelajaran tidak menunjukkan sintaks inkuiri terbimbing. Kegiatan pembelajaran hanya diisi dengan diskusi klasikal. Peserta didik yang terlibat aktif dalam kegiatan diskusi hanya 25% atau 9 peserta didik dari 35 peserta didik di kelas X lintas minat IPS-3. Model pembelajaran inkuri merupakan model pembelajaran yang bersifat kontekstual, mengakomodasi nilai sikap dan keterampilan sains, serta meningkatkan keefektifan peserta didik dalam pembelajaran biologi. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa silabus, RPP, handout, LKPD, dan buku panduan kunjungan siswa berbasis potensi lokal kawasan wisata Coban Pelangi yang layak, praktis, dan efektif melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing. Penelitian pengembangan ini menggunakan model 4-D oleh Thiagarajan, dkk tahun 1974. Langkah penelitian dan pengambangan 4-D adalah mendefinisikan (define), merancang (design), mengembangkan (develope), dan menyebarluaskan (disseminate), namun pengembangan perangkat ini hanya dilakukan sampai tahap mengembangkan sesuai kebutuhan penelitian. Data hasil penelitian berupa data kuantitaf dan data kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari skor hasil validasi dan hasil uji n-gain. Data kuantitatif diperoleh dari saran yang diberikan oleh validator. Hasil validasi menunjukkan bahwa rerata perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa silabus, RPP, handout, LKPD, dan buku panduan kunjungan siswa sebesar 93,01% (sangat valid dan layak digunakan). Hasil validasi materi menghasilkan rerata sebesar 87,5% (sangat valid dan layak digunakan). Hasil rerata uji kepraktisan perangkat pembelajaran sebesar 93,66% (sangat praktis dan layak digunakan). Rerata hasil uji keefektifan berdasarkan hasil perhitungan n-gain sebesar 0,63 yang masuk dalam kriteria sedang dan layak digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/25295

Actions (login required)

View Item View Item