Pengembangan modul berbasis inkuiri terbimbing (guided inquiry) pada materi sistem ekskresi manusia untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI Lintas Minat SMAN 2 Malang / Nur Annisa

Annisa, Nur (2018) Pengembangan modul berbasis inkuiri terbimbing (guided inquiry) pada materi sistem ekskresi manusia untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI Lintas Minat SMAN 2 Malang / Nur Annisa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Annisa, Nur. 2018. Pengembangan Modul Berbasis Inkuiri Terbimbing (guided inquiry) pada Materi Sistem Ekskresi Manusia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Lintas Minat SMAN 2 Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Masjhudi, M.Pd (II) Siti Imroatul Maslikah, S.Si, M.Si. Kata Kunci: modul, inkuiri terbimbing, hasil belajar. Pembelajaran Biologi di SMAN 2 Malang menggunakan bahan ajar berupa buku paket. Penggunaan bahan ajar tersebut dirasa kurang menarik untuk dipelajari dan masih berbasis isi. Berdasarkan uraian tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul berbasis inkuiri terbimbing pada materi sistem ekskresi manusia untuk (1) meningkatkan hasil belajar siswa, (2) mengetahui kelayakan modul hasil pengembangan untuk bahan ajar materi sistem ekskresi manusia kelas XI Lintas Minat SMAN 2 Malang, (3) mengetahui keefektifan modul hasil pengembangan untuk pembelajaran sistem ekskresi manusia kelas XI Lintas Minat. Penelitian ini merupakan sebuah penelitian dan pengembangan menggunakan model pengembangan 4D. Proses yang dilakukan hingga pada tahapan pengembangan. Penelitian ini untuk menguji kelayakan, kepraktisan dan keefektifan modul. Instrumen untuk mengumpulkan data berupa angket validasi dan lembar komentar serta saran terhadap modul yang sudah dikembangkan, serta instrumen tes yaitu pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukan 1) modul berbasis inkuiri terbimbing untuk siswa kelas XI Lintas Minat SMAN 2 Malang, 2) kelayakan modul berbasis inkuiri terbimbing pada materi Sistem Ekskresi Manusia berdasarkan angket penilaian oleh ahli media modul guru sebesar 98,7 % dan ahli materi sebesar 98,3%, ahli materi sebesar 93,7%, ahli praktisi lapangan pada modul guru sebesar 96,5% dan modul siswa 93,4% serta penilaian respon siswa terhadap modul siswa sebesar 89,4%. Modul berbasis inkuiri terbimbing efektif meningkatkan hasil belajar karena berdasarkan hasil uji gain score menunjukkan kategori sedang sebesar 0,6. Hasil uji di atas dapat disimpulkan bahwa modul berbasis inkuiri terbimbing yang dikembangkan layak digunakan untuk pembelajaran sistem ekskresi manusia dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Nov 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/25294

Actions (login required)

View Item View Item