Pengembangan modul pembelajaran berbasis konstruktivisme model learning cycle materi jamur untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMA kelas X-1 SMA NU Genteng Banyuwangi / Mukhlis Susiawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul pembelajaran berbasis konstruktivisme model learning cycle materi jamur untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMA kelas X-1 SMA NU Genteng Banyuwangi / Mukhlis Susiawan

Susiawan, Mukhlis (2018) Pengembangan modul pembelajaran berbasis konstruktivisme model learning cycle materi jamur untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMA kelas X-1 SMA NU Genteng Banyuwangi / Mukhlis Susiawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Susiawan Mukhlis. 2014. Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Konstruktivisme Model Learning Cycle Materi Jamur untuk Siswa Kelas X-1 SMA NU Genteng Banyuwangi. Skripsi Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Istamar Syamsuri M.Pd. (II) Sitoresmi Prabaningtyas S.Si. M.Si. Kata kunci modul pembelajaran model Learning Cycle jamur. Pembelajaran modul mampu memberi kemungkinan kepada siswa untuk belajar mandiri karena setiap siswa dalam kelas dilibatkan secara maksimal dengan menciptakan kondisi eksternal yang optimal bagi masing-masing siswa dan modul merupakan satuan program belajar mengajar memuat rangkaian kegiatan belajar yang direncanakan secara sistematis baik bagi siswa maupun guru sehingga hasil kerja yang dicapai siswa sesuai dengan tingkat kemampuan sendiri. Adanya penentuan kecepatan oleh masing-masing siswa dalam mempelajari modul membuat guru memiliki cukup waktu untuk menguasai bahan pelajaran sepenuhnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh pembelajaran modul terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Biologi kelas X-1 SMA NU Genteng. Modul pembelajaran berbasis konstruktivisme model Learning Cycle adalah paket pembelajaran mandiri yang membahas satu topik yaitu Jamur. Modul ini didesain dengan lima tahap pembelajaran yang meliputi engangement (pembangkitan minat) eksplorasi (menyajikati fenomena sehingga siswa diharapkan bisa menemukan masalah) eksplanasi (siswa melakukan kegiatan pengamatan dan menjawab pertanyaan atas pertanyaan yang ditemukan) ekspansi (siswa diharapkan mampu menerapkan konsep yang telah dipelajari) dan evaluasi (siswa merefleksi hasil belajarnya). Modul pembelajaran berbasis konstruktivisme model Learning Cycle dapat diukur melalui valtidasi dan penerapan. Model pengembangan modul yang digunakan penulis mengikuti langkah-langkah sebagai berikut 1) penentuan standar kompetensi dan rencana kegiatan belajar mengajar 2) analisis kebutuhan modul 3) penyusunan draft modul 4) uji coba 5) validasi dan 6) revisi. Validasi dilakukan oleh tiga validator ahli yaitu validator ahli media ahli materi guru. Modul juga diujicobakan pada responden yaitu siswa kelas X-1 SMA NU Genteng. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam pengembangan modul ini berupa angket. Data yang diperoleh berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil validasi yang dilakukan oleh ahli media ahli materi dan guru memperoleh rerata modul multimedia 79 01% 84 22% dan 94 19%. Uji coba oleh responden (siswa) mendapatkan nilai 87 91%. Data hasil validasi dan ahli media ahli materi dan guru serta uji coba oleh responden menunjukkan bahwa modul valid dan tidak perlu revisi. Meskipun berdasarkan data kuantitatif tersebut modul ini telah dinyatakan valid dan layak tetapi perlu ditindak lanjuti mengenai komentar dan saran dari ahli media ahli materi guru dan responden.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Nov 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/25291

Actions (login required)

View Item View Item