Penggunaan lembar kerja siswa berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif mata pelajaran biologi siswa kelas X MAN 1 Malang / Nuzula Khoirun Nafsiah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan lembar kerja siswa berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif mata pelajaran biologi siswa kelas X MAN 1 Malang / Nuzula Khoirun Nafsiah

Nafsiah, Nuzula Khoirun (2018) Penggunaan lembar kerja siswa berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif mata pelajaran biologi siswa kelas X MAN 1 Malang / Nuzula Khoirun Nafsiah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Nafsiah Nuzula Khoirun. 2018. Penggunaan Lembar Kerja Siswa Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kognitif Mata Pelajaran Biologi Siswa Kelas X MAN 1 Malang. Skripsi Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Prof. Dr. Siti Zubaidah M.Pd. (II) Dra. Eko Sri Sulasmi M.S. Kata Kunci Model pembelajaran inkuiri terbimbing keterampilan berpikir kritis hasil belajar. Model pembelajaran inkuiri terbimbing merupakan model pembelajaran yang berpusat pada siswa dan membuat siswa menemukan sendiri konsep yang dipelajari. Berdasarkan hasil observasi peneliti diketahui bahwa dalam pembelajaran biologi kelas X MIPA 3 MAN 1 Malang sudah menggunakan model pembelajaran yang menuntut siswa aktif namun lembar kerja siswa (LKS) yang digunakan belum menuntun siswa untuk aktif dalam pembelajaran. Permasalahan yang ditemukan adalah keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa kelas X MIPA 3 MAN 1 Malang mayoritas masih tergolong rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa kelas X MIPA 3 MAN 1 Malang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada kelas X MIPA 3 MAN 1 Malang dengan jumlah siswa 38. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 4 tahap yakni 1) perencanaan 2) pelaksanaan 3) pengamatan dan 4) refleksi. Hasil penelitian menujukkan keterlaksanaan pembelajaran menggunakan LKS berbasis inkuiri terbimbing oleh guru mengalami peningkatan sebesar 4 097% dari persentase keterlaksanaan siklus I sebesar 95 313% dan siklus II sebesar 99 218%. Sedangkan keterlaksanaan pembelajaran menggunakan LKS berbasis inkuiri terbimbing oleh siswa mengalami peningkatan sebesar 4 133% dari persentase keterlaksanaan siklus I sebesar 94 531% dan siklus II sebesar 98 438%. Keterampilan berpikir siswa meningkat dianalisis melalui jawaban tes di akhir siklus menggunakan rubrik keterampilan berpikir kritis. Persentase peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa dengan kriteria mulai berkembang atau berkembang dengan baik meningkat 14 29% dari siklus I sebesar 73 68% menjadi 84 21% pada siklus II. Hasil belajar kognitif siswa meningkat dianalisis dari nilai ulangan harian yang dibandingkan dengan KKM yang telah ditentukan. Persentase peningkatan hasil belajar kognitif siswa dengan kriteria tuntas meningkat 30 78% dari siklus I sebesar 34 21% menjadi 44 74% pada siklus II.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 Oct 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/25289

Actions (login required)

View Item View Item