Pemanfaatan TPA Talangagung sebagai Sumber Belajar Kontekstual Berbasis Inkuiri untuk Mengembangkan Keterampilan Proses Sains dan Sikap Peduli Lingkungan / Renita Fuji Nurdiah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemanfaatan TPA Talangagung sebagai Sumber Belajar Kontekstual Berbasis Inkuiri untuk Mengembangkan Keterampilan Proses Sains dan Sikap Peduli Lingkungan / Renita Fuji Nurdiah

Nurdiah, Renita Fuji (2018) Pemanfaatan TPA Talangagung sebagai Sumber Belajar Kontekstual Berbasis Inkuiri untuk Mengembangkan Keterampilan Proses Sains dan Sikap Peduli Lingkungan / Renita Fuji Nurdiah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Nurdiah Renita Fuji. 2018. Pemanfaatan TPA Talangagung sebagai Sumber Belajar Kontekstual Berbasis Inkuiri untuk Mengembangkan Keterampilan Proses Sains dan Sikap Peduli Lingkungan. Skripsi. Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Ibrohim M. Si (II) Dr. Sueb M. Kes. Kata kunci pemanfaatan TPA Talangagung sumber belajar kontekstual berbasis inkuiri keterampilan proses sains sikap peduli lingkungan Tantangan abad XXI dalam menyiapkan generasi yang kritis kreatif kompetitif dan memecahkan masalah menjadi tantangan dalam persaingan global. Selain itu tantangan pendidikan pembangunan berkelanjutan juga mengarahkan pada keberlangsungan pembangunan yang tetap memperhatikan berbagai aspek tanpa melampaui fungsi ekologis sehingga pendidikan menjadi sasaran utama untuk menjawab tantangan global. Pembelajaran biologi materi perubahan lingkungan di SMAN 1 Kepanjen belum menggunakan pembelajaran kontekstual yang memanfaatkan sumber belajar sekitar yakni Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Talangagung sebagai sumber belajar sehingga belum mampu mengembangkan keterampilan proses sains dan sikap peduli lingkungan siswa. Salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut ialah dengan menyusun rancangan dan perangkat pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan rancangan dan perangkat pembelajaran yang memanfaatkan TPA Talangagung sebagai sumber belajar konstekstual berbasis inkuiri yang memenuhi syarat valid praktis dan efektif. Metode penelitian dan pengembangan yang digunakan yakni model ADDIE yang dikembangkan oleh Branch (2009) meliputi tahap Analyze Design Develop Implement dan Evaluate. Validasi dilakukan oleh ahli desain pembelajaran ahli materi dan praktisi lapangan terhadap rancangan dan perangkat pembelajaran . Uji kepraktisan dilakukan oleh kelompok kecil sedangkan uji keefektifan dilakukan oleh kelompok lapangan. Hasil uji kevalidan silabus RPP LKS handout dan instrumen penilaian berturut-turut sebesar 94 16% 94 31% 91 67% 95 37% dan 94 96% sehingga secara keseluruhan rancangan dan perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria valid. Uji kepraktisan rancangan dan perangkat pembelajaran yang dikembangkan berdasarkan uji keterbacaan LKS handout dan keterlaksanaan sintaks pembelajaran yakni secara berturut-turut sebesar 90 71% 91 25% dan 97 20% yang menunjukkan kriteria sangat praktis. Uji keefektifan menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rerata pretest-postest keterampilan proses sains dan sikap peduli lingkungan sebelum dan sesudah penerapan rancangan dan perangkat pembelajaran yang diterapkan di dalam kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/25284

Actions (login required)

View Item View Item