Pengembangan pembelajaran inkuiri terbimbing dipandu teams games tournament pada mata pelajaran biologi untuk meningkatkan motivasi dan keterampilan berpikir kritis siswa kelas X-MIA MA Bilingual Batu / Rosita Qori Latifiani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan pembelajaran inkuiri terbimbing dipandu teams games tournament pada mata pelajaran biologi untuk meningkatkan motivasi dan keterampilan berpikir kritis siswa kelas X-MIA MA Bilingual Batu / Rosita Qori Latifiani

Latifiani, Rosita Qori (2018) Pengembangan pembelajaran inkuiri terbimbing dipandu teams games tournament pada mata pelajaran biologi untuk meningkatkan motivasi dan keterampilan berpikir kritis siswa kelas X-MIA MA Bilingual Batu / Rosita Qori Latifiani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Latifiani R.Q. 2018. Pengembangan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dipadu Teams Games Tournament pada Mata Pelajaran Biologi untuk Meningkatkan Motivasi dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas X-MIA MA Bilingual Batu. Skripsi Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sri Endah Indriwati M.Pd (II) Dr. Fatchur Rohman M.Si. Kata Kunci Pengembangan pembelajaran inkuiri terbimbing TGT Pembelajaran merupakan proses interaksi antara peserta didik dan pendidik serta sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Guru melakukan persiapan dalam mengadakan suatu pembelajaran dengan membuat perangkat pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan rencana pelaksanaan pembelajaran yang disusun oleh guru di MA Bilingual Batu pada langkah-langkah pembelajaran sintak pembelajaran tidak dicantumkan dalam tabel pembelajaran sehingga belum menunjukkan secara pasti bagian sintak yang dilakukan. Materi yang tercantum telah memuat materi fakta konsep prinsip dan prosedur tetapi belum dipisahkan. Beberapa siswa kelas X juga menyatakan bahwa terkadang siswa merasa bosan dengan suasana pembelajaran dan diketahui sebagian besar siswa kelas X mengalami kesulitan pada soal tipe analisis. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) menghasilkan perangkat pembelajaran berupa RPP beserta LKS dan instrumen penilaian pada materi ekosistem dan perubahan lingkungan yang valid (2) menghasilkan perangkat pembelajaran berupa RPP beserta LKS dan instrumen penilaian pada materi ekosistem dan perubahan lingkungan yang efektif untuk meningkatkan motivasi dan keterampilan berpikir kritis siswa (3) menerapkan pembelajaran inkuiri terbimbing dipadu TGT pada materi ekosistem dan perubahan lingkungan di kelas X-MIA 1 MA Bilingual Batu. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model ADDIE yaitu analysis design development implementation dan evaluation. Berdasarkan hasil pengembangan yang telah dilakukan validitas RPP mencapai 82 38% instrumen penilaian mencapai 87 5% dan lembar kerja siswa mencapai 85 23% yang ketiganya termasuk dalam kategori valid. Hasil implementasi produk pengembangan ini menunjukkan bahwa pembelajaran yang dikembangkan mampu meningkatkan motivasi dan keterampilan berpikir kritis siswa dengan peningkatan motivasi pada materi ekosistem adalah 69 98% dan pada materi perubahan lingkungan adalah 73 83% sedangkan peningkatan keterampilan berpikir kritis pada materi ekosistem adalah 0 61 dan pada materi perubahan lingkungan adalah 0 68 yang termasuk dalam kategori sedang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/25283

Actions (login required)

View Item View Item