Pengaruh model pembelajaran discovery terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran geografi di SMA Negeri Mojoagung / Fidia Nur Wahyu Diana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran discovery terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran geografi di SMA Negeri Mojoagung / Fidia Nur Wahyu Diana

Diana, Fidia Nur Wahyu (2018) Pengaruh model pembelajaran discovery terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran geografi di SMA Negeri Mojoagung / Fidia Nur Wahyu Diana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Diana Fidia Nur Wahyu. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Geografi di SMA Negeri Mojoagung Skripsi Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Budi Handoyo M.Si (II) Dr. Singgih Susilo M.S M.Si Kata Kunci Model Pembelajaran Discovery Kemampuan Berpikir Kritis Model pembelajaran discovery merupakan pembelajaran yang sesuai dengan implementasi kurikulum 2013 yang berpusat pada kegiatan peserta didik. Peserta didik diharapkan mampu menyelidiki dan menarik kesimpulan berdasarkan temuan yang diperoleh. Hal tersebut ditunjukkan dengan adanya penerapan model pembelajaran discovery. Selain peserta didik diharapkan aktif dalam proses belajar model pembelajaran discovery juga mengarah pada kemampuan berpikir kritis. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik di SMA Negeri Mojoagung. Penelitian ini dirancang menggunakan eksperimen semu dengan pretest-posttest control group design. Subjek penelitian ini adalah kelas XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 1 sebagai kelas kontrol. Data yang diperoleh dari penelitian ini adalah nilai kemampuan berpikir kritis. Instrumen penelitian ini terdiri dari 5 soal essai yang telah diuji sebelumnya menggunakan validitas. Analisis data yang digunakan adalah Independent sample t-test dengan bantuan SPSS 22.0 for Windows. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa nilai sig (2-tailed) adalah 0 000

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/25270

Actions (login required)

View Item View Item