Pengembangan asesmen kinerja pada materi sistem respirasi untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif dan pemahaman konsep siswa kelas XI-IPA 1 SMA Negeri 9 Malang / Oki Osaka Herlinawati

Herlinawati, Oki Osaka (2018) Pengembangan asesmen kinerja pada materi sistem respirasi untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif dan pemahaman konsep siswa kelas XI-IPA 1 SMA Negeri 9 Malang / Oki Osaka Herlinawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Herlinawati, Oki Osaka. 2018. Pengembangan Asesmen Kinerja Pada Materi Sistem Respirasi Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif dan Pemahaman Konsep Siswa Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 9 Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang, pembimbing (1) Dr. Murni Saptasari, M.Si, (2) Agung Witjoro, S.Pd, M.Kes. Kata Kunci : Asesmen kinerja, keterampilan berpikir kreatif, pemahaman konsep Keterampilan berpikir kreatif merupakan salah satu kecakapan abad 21 yang memiliki peranan penting dalam mempersiapkan siswa untuk menghadapi dunia kerja. Berdasarkan hasil observasi terhadap siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 9 Malang, keterampilan berpikir kreatif dan pemahaman konsep siswa masih rendah. Salah satu solusi mengatasi rendahnya berpikir kreatif siswa yaitu dengan asesmen kinerja yang mengacu indikator berpikir kreatif menurut Treffinger yaitu berpikir luwes, berpikir asli, berpikir lancar dan elaborasi serta soal dengan tingkat kognitif C1-C6 untuk mengukur pemahaman konsep siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan dan menguji kelayakan asesmen kinerja pada materi sistem respirasi untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa dan pemahaman konsep siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 9 Malang. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan. Penelitian dan pengembangan ini diujikan kepada siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 9 Malang berjumlah 36 siswa. Hasil penelitian dan pengembangan asesmen kinerja menunjukkan tingkat kevalidan sebesar 90,82% dengan kriteria ÔÇ£sangat validÔÇØ, tingkat kepraktisan sebesar 87,8% dengan kriteria ÔÇ£sangat validÔÇØ, tingkat keefektifan asesmen kinerja dalam membuat scrapbook sebesar 89,9 dengan kriteria ÔÇ£efektifÔÇØ, tingkat keefektifan asesmen kinerja kegiatan praktikum sebesar 93,2 dengan kriteria ÔÇ£efektifÔÇØ, tingkat keefektifan asesmen kinerja kegiatan presentasi sebesar 91,8 dengan kriteria ÔÇ£efektifÔÇØ, dan tingkat keefektifan asesmen kinerja kegiatan diskusi kelas sebesar 85,1 dengan kriteria ÔÇ£efektifÔÇØ. Soal yang dikembangkan untuk mengukur pemahaman konsep siswa sejumlah 30 soal menunjukkan valid. Tingkat kesukaran soal dengan soal kategori sukar sejumlah 1 soal, kategori sedang sejumlah 22 soal, kategori mudah sejumlah 7 soal. Daya beda soal dengan ketegori baik sekali sejumlah 3 soal, kategori baik sejumlah 12 soal, kategori cukup sebanyak 7 soal, dan kategori jelek sejumlah 8 soal. Tingkat reliabilitas soal sebesar 0,681 dengan kriteria ÔÇ£tinggiÔÇØ. Tingkat keefektifan soal untuk mengukur pemahaman konsep siswa adalah sebesar 86,1 dengan kriteria ÔÇ£efektifÔÇØ. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, pengembangan produk asesmen kinerja pada materi sistem respirasi dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif dan pemahaman konsep siswa. Soal pilihan ganda pada materi sistem respirasi yang telah dikembangkan dapat mengukur pemahaman konsep siswa. Hasil revisi pengembangan asesmen kinerja pada materi sistem respirasi dapat digunakan secara luas oleh guru biologi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/25269

Actions (login required)

View Item View Item