Pengembangan modul keanekaragaman tumbuhan home science process skill berbasis inkuiri terbimbing bermuatan karakter untuk meningkatkan hasil belajar dan keterampilan proses di MAN 1 Malang / Leviana Erinda

Erinda, Leviana (2018) Pengembangan modul keanekaragaman tumbuhan home science process skill berbasis inkuiri terbimbing bermuatan karakter untuk meningkatkan hasil belajar dan keterampilan proses di MAN 1 Malang / Leviana Erinda. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Erinda Leviana. 2018. Pengembangan Modul Keanekaragaman Tumbuhan Home science process skill Berbasis Inkuiri Terbimbing Bermuatan Karakter untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Proses di MAN 1 Malang. Skripsi Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sri Endah Indriwati M.Pd (II) Dra. Eko Sri Sulasmi M.S. Kata Kunci Modul Keanekaragaman Tumbuhan Home Science Process Skill Inkuiri Terbimbing Muatan Karakter Abad 21 merupakan abad globalisasi yang mengharuskan sumber daya manusia mampu mengikuti perkembangan IPTEK. Tuntutan perkembangan IPTEK yang kompleks harus sejalan dengan dunia pendidikan. Di Indonesia pelaksanaan pendidikan untuk menghadapi abad 21 dicapai dengan penerapan kurikulum 2013. Fakta di sekolah menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran kurang memenuhi tuntutan kurikulum 2013 yang perlu menerapkan aspek sikap dan keterampilan. Pengembangan aspek pengetahuan sikap dan keterampilan terlaksana dengan baik apabila didukung dengan pemanfaatan bahan ajar. Hasil observasi selama kegiatan KPL pada bulan September-Oktober 2017 menunjukkan bahwa penggunaan bahan ajar kurang optimal dikarenakan buku teks dan LKS yang tersedia terbatas. Buku teks dan LKS yang tersedia belum memfasilitasi keterampilan proses sains terintegrasi dan muatan karakter. Hasil pengisian angket oleh salah satu guru biologi MAN 1 Malang menunjukkan belum adanya pengembangan modul keanekaragaman tumbuhan untuk memfasilitasi siswa mengonstruk pemahamannya secara mandiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan modul keanekaragaman tumbuhan home science process skill berbasis inkuiri terbimbing bermuatan karakter dengan harapan dapat mengetahui kelayakan dan keefektifan dalam meningkatkan hasil belajar dan keterampilan proses di MAN 1 Malang. Modul keanekaragaman tumbuhan home science process skill berbasis inkuiri terbimbing dikembangkan berdasarkan model 4D Thiagarajan. Penelitian dilakukan sampai tahap develop dikarenakan keterbatasan waktu penelitian. Data penelitian ini terdiri dari data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari penilaian angket validasi oleh ahli media pembelajaran ahli materi praktisi pendidikan serta angket keterbacaan dan kepraktisan modul oleh siswa. Data kuantitatif juga diperoleh dari uji keefektifan modul berdasarkan peningkatan nilai pretest-posttest keterampilan proses sains dan muatan karakter menggunakan gain score. Data kualitatif diperoleh dari pengisian saran dan komentar pada angket validasi oleh ahli media pembelajaran ahli materi praktisi pendidikan serta angket kepraktisan dan keterbacaan modul oleh siswa. Modul yang dikembangkan berupa modul guru dan modul siswa yang disusun sesuai sintaks inkuiri dipadu dengan aspek keterampilan proses sains dan muatan karakter. Modul keanekaragaman tumbuhan home science process skill bertujuan untuk memfasilitasi siswa belajar dengan mengonstruk pemahamannya secara mandiri di rumah maupun di sekolah melalui penyelidikan mengoptimalkan keterampilan proses sains dan membiasakan nilai karakter. Karakter yang dikembangkan dalam modul yaitu tanggung jawab percaya diri mandiri jujur teliti disiplin peduli kreatif dan produktif. Hasil analisis data menunjukkan presentase hasil validasi produk oleh validator ahli media pembelajaran sebesar 96 46% ahli materi sebesar 84 06% dan ahli praktisi pendidikan sebesar 86 28% dengan kriteria valid. Uji tingkat keterbacaan dan kepraktisan modul dilakukan oleh 26 siswa dari 35 siswa kelas X MIPA 5 MAN 1 Malang. Hasil analisis data menunjukkan rata-rata hasil uji keterbacaan sebesar 88 18% sedangkan uji kepraktisan sebesar 90 31% dengan kriteria valid. Berdasarkan hasil analisis data uji keterlaksanaan sintaks pembelajaran oleh observer menunjukkan presentase sebesar 98 41% dengan kriteria berhasil. Uji tingkat keefektifan modul dilakukan dengan mengukur peningkatan hasil belajar siswa meliputi pretest-posttest keterampilan proses sains dan muatan karakter. Hasil analisis data terhadap nilai pretest dan posttest menunjukkan n-gain sebesar 0 85 dengan tingkat keefektifan yang tinggi dalam meningkatkan hasil kognitif. Hasil analisis data terhadap keterampilan proses sains menunjukkan n-gain sebesar 0 42 dengan tingkat keefektifan yang sedang dalam meningkatkan keterampilan proses sains. Hasil analisis data terhadap muatan karakter menunjukkan n-gain sebesar 0 30 dengan tingkat keefektifan yang sedang dalam meningkatkan muatan karakter. Perolehan rata-rata nilai posttest keterampilan proses sains dan muatan karakter siswa dianalisis untuk menentukan nilai akhir kompetensi siswa. Nilai akhir kompetensi siswa sebesar 84 55 menunjukkan kriteria baik dengan predikat B. Berdasarkan hasil validasi dan uji coba produk maka dapat disimpulkan bahwa modul keanekaragaman tumbuhan home science process skill berbasis inkuiri terbimbing bermuatan karakter layak dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/25268

Actions (login required)

View Item View Item