Ardy, Fiqry Addina (2018) Pengaruh model discovery learning bermuatan karakter untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X pada materi tumbuhan di SMA Negeri 9 Malang / Fiqry Addina Ardy. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Ardy Fiqry Addina. 2018. Pengaruh Model Discovery Learning Bermuatan Karakter untuk MeningkatkanHasil Belajar Siswa Kelas X pada Materi Tumbuhan di SMANegeri 9 Malang. Skripsi. Jurusan Biologi. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Hj. Sri Endah Indriwati M. Pd. (2) Dra. Eko Sri Sulasmi M. S. Kata Kunci Model Discovery Learningbermuatan karakter hasil belajar materi tumbuhan Kurikulum 2013 mengukur hasil belajar pada 3 aspek yaitu afektif (sikap) kognitif (pengetahuan) dan psikomotorik (keterampilan). Kurikulum ini mene-kankan pada proses pembelajaran yang menggunakan pendekatan saintifik con-tohnya model Discovery Learning. Faktanya implementasi K-13 masih banyak yang belum diterapkan secara menyeluruh di lingkungan sekolah salah satunya ialah pembelajaran yang bermuatan karakter. Motivasi siswa yang rendah dalam mengikuti proses belajar mengajar juga menjadi permasalahan lain yang ada di sekolah. Model Discovery Learningbermuatan karakter diharapkan dapat mening-katkan karakter siswa menjadi lebih baik sesuai tuntutan dalam KI 2 Kurikulum 2013. Sintaks model Discovery Learning juga mengakomodasi meningkatnya motivasi dan hasil belajar kognitif siswa.Penelitian ini bertujuan untuk menge-tahui pengaruh model Discovery Learningbermuatan karakter untuk meningkat-kan hasil belajar afektif berupa motivasi dan sikap sosial serta hasil belajar kognitif. Jenis penelitian ialah Quasy Experiment dengan Pretest-Posttest Control Group Design. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 9 Malang dengan subjek penelitian adalah siswa kelasXMIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan XMIPA 4 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data menggunakan uji Anakova dan T-Test.Data penelitian berupa motivasi belajar meliputi 5 aspek yaitu Assurance Rele-vance Interest Assessment Satisfaction data sikap sosial berupa sikap disiplin jujur kerjasama bertanggung jawab dan peduli serta data hasil belajar kognitif meliputi level C2-C5. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan motivasi belajar siswa pada kelas kontrol sebesar 5 5 (7 78%) sedangkan pada kelas eksperimen sebesar 16 91 (23 96%).Selisih rerata terkoreksi antara kelas kontrol dan eksperimen se-besar 11 02 (14 41%). Selisih rerata sikap sosial sebesar 21 12 dengan kriteria sa-ngat baik (81 28) pada kelas eksperimen dan kurang (60 16) pada kelas kontrol. Peningkatan hasil belajar kognitif pada kelas kontrol sebesar 39 83 sedangkan pada kelas eksperimen sebesar 41 11. Selisih rerata terkoreksi antara kelas kontrol dan eksperimen sebesar 4 77 (5 83%). Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa model Discovery Learning bermuatan karakter berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Saran yang dapat diberikan oleh peneliti ialah penerapan model Discovery Learningbermuatan karakter sangat bermanfaat bagi proses pembelajaran sehingga diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar afektif lainnya dari 18 nilai karakter yang terdapat dalam K-13 maupun Perpres No. 87 Tahun 2017.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 13 Aug 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/25266 |
Actions (login required)
View Item |