Pengembangan asesmen kinerja pada materi Protista untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas X di MAN 1 Malang / Novia Naylul Muna - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan asesmen kinerja pada materi Protista untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas X di MAN 1 Malang / Novia Naylul Muna

Muna, Novia Naylul (2018) Pengembangan asesmen kinerja pada materi Protista untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas X di MAN 1 Malang / Novia Naylul Muna. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Muna Novia Naylul. 2018. Pengembangan Asesmen Kinerja pada Materi Protista untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas X di MAN 1 Malang. Skripsi Pendidikan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Murni Sapta Sari M.Si. (2) Drs. Sulisetijono M.Si. Kata Kunci asesmen kinerja keterampilan berpikir kritis protista Keterampilan berpikir kritis merupakan salah satu keterampilan yang memiliki peranan penting dalam proses belajar siswa dalam kurikulum 2013. Pentingnya pengembangan penilaian keterampilan berpikir kritis di dalam proses pembelajaran biologi diperlukan karena guru menyatakan bahwa siswa harus terampil dalam membuat rumusan masalah mengajukan dan menjawab pertanyaan serta menyimpulkan dalam setiap pembelajaran baik ketika diskusi maupun praktikum. Salah satu materi biologi yang membutuhkan keterampilan berpikir kritis dalam proses pembelajaran adalah Protista. Dalam materi Protista siswa dituntut untuk membedakan protista mirip hewan protista mirip tumbuhan dan protista mirip jamur. Berdasarkan hasil wawancara terhadap guru biologi MAN 1 Malang guru masih belum mengukur keterampilan berpikir kritis siswa sehingga diperlukan pengembangan penilaian berpikir kritis pada pelajaran biologi. Pengembangan penilaian keterampilan berpikir kritis siswa dapat dilakukan dengan menggunakan asesmen kinerja. Keterampilan berpikir kritis perlu dimiliki siswa SMA karena keterampilan ini dapat membantu siswa berpikir secara alamiah memiliki alasan logis keinginan kuat akan kejelasan dan ketepatan suatu informasi. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan asesmen kinerja untuk mengukur keterampilan berpikir kritis siswa MAN 1 Malang pada materi Protista. Salah satu bentuk asesmen kinerja adalah daftar penilaian diri sendiri (self performance assesment). Melalui self performance assesment diharapkan siswa dapat mengukur keterampilan berpikir kritis melalui permasalahan yang ditemukan berdasarkan proses pembelajaran. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan (analysis design develop implementation evaluation). Keterampilan berpikir kritis yang digunakan dalam penelitian ini diadaptasi dari Ennis (2011). Penelitian dan Pengembangan ini diujikan kepada siswa kelas X MIPA 2 MAN 1 Malang berjumlah 37 siswa. Hasil penelitian dan pengembangan asesmen kinerja menunjukkan skor kevalidan sebesar 3 74 dengan kriteria sangat valid dan skor kepraktisan sebesar 3 4. Keterampilan berpikir kritis meningkat pada tiap pertemuan pada pertemuan pertama ke pertemuan kedua mengalami peningkatan sebesar 3 39% dari pertemuan kedua ke pertemuan ketiga mengalami peningkatan sebesar 5 8% sedangkan dari pertemuan ketiga ke pertemuan keempat mengalami peningkatan sebesar 0 04%. Keterampilan berpikir kritis siswa meningkat disebabkan oleh adanya kesempatan untuk menilai kinerja diri siswa sendiri. Penilaian diri sebagai suatu proses penilaian formatif sehingga siswa melakukan refleksi terhadap kualitas pekerjaan siswa sendiri membandingkan kualitas ketercapaian vii pembelajaran terhadap kriteria yang telah ditentukan dan melakukan perbaikan terhadap pembelajarannya sendiri. Item-item instrumen penilaian presentasi siswa dapat dikatakan reliabel atau terpercaya sebagai alat pengumpul data dalam penelitian karena Nilai Cronbach Alpha s dari analisis data reliabilitas instrumen asesmen kinerja adalah 0 797 lebih besar dari 0 70.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/25256

Actions (login required)

View Item View Item