Analisis butir dan rekonstruksi soal ujian akhir semester (UAS) ganjil mata pelajaran biolologi SMA kelas XI tahun pelajaran 2017/2018 SMA Negeri di Kota Blitar dan kesesuaiannya terhadap kurikulum 2013 / Aprindhita Anggaini Rahayu - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis butir dan rekonstruksi soal ujian akhir semester (UAS) ganjil mata pelajaran biolologi SMA kelas XI tahun pelajaran 2017/2018 SMA Negeri di Kota Blitar dan kesesuaiannya terhadap kurikulum 2013 / Aprindhita Anggaini Rahayu

Rahayu, Aprindhita Anggraini (2018) Analisis butir dan rekonstruksi soal ujian akhir semester (UAS) ganjil mata pelajaran biolologi SMA kelas XI tahun pelajaran 2017/2018 SMA Negeri di Kota Blitar dan kesesuaiannya terhadap kurikulum 2013 / Aprindhita Anggaini Rahayu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Rahayu A.A. 2018. Analisis Butir dan Rekonstruksi Soal Ujian Akhir Semester (UAS) Ganjil Mata Pelajaran Biologi SMA Kelas XI Tahun Pelajaran 2017/2018 SMA Negeri di Kota Blitar dan Kesesuaiannya Terhadap Kurikulum 2013. Skripsi Jurusan Biologi Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Sunarmi M.Pd (II) Drs. Masjhudi M.Pd. Kata Kunci analisis butir soal ujian akhir semester kurikulum 2013 Berdasarkan hasil wawancara dengan Guru Biologi SMA Negeri di Kota Blitar yang tergabung dalam tim pembuat soal Ujian Akhir Semester ganjil Biologi kelas XI tahun pelajaran 2017/2018 SMA Negeri Kota Blitar belum pernah dilakukan analisis butir soal meliputi validitas logis (isi dan konstruk) dan validitas empirik yang meliputi tingkat kesukaran daya beda efektivitas pengecoh dan reliabilitas soal. Selain itu soal UAS tersebut juga belum pernah dilakukan analisis kesesuaiannya terhadap kurikulum 2013. Hal ini menyebabkan soal UAS di Kota Blitar belum diketahui validitas logis dan empiriknya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis soal Ujian Akhir Semester ganjil kelas XI SMA Negeri di Kota Blitar yang meliputi validitas logis (isi dan konstruk) validitas empirik meliputi tingkat kesukaran daya beda efektivitas pengecoh dan reliabilitas soal kesesuaian dengan kurikulum 2013 serta rekonstruksi soal UAS sesuai hasil analisis validitas logis. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif-kualitatif. Objek penelitian adalah soal UAS ganjil Biologi kelas XI tahun pelajaran 2017/2018 dan lembar jawaban siswa di empat SMA Negeri di Kota Blitar. Hasil penelitian kuantitatif menggunakan aplikasi ANATES dan hasil penelitian kualitatif dengan mencocokkan butir soal dengan instrument yang ada. Hasil validitas empirik soal yang meliputi tingkat kesukaran soal di SMA Negeri Kota Blitar diketahui dari empat SMA Negeri yaitu SMAN 1 SMAN 2 SMAN 3 dan SMAN 4 Blitar belum memenuhi proporsi soal yang tepat yaitu 25% mudah 50% sedang dan 25% sukar. Daya beda soal dikeempat sekolah belum memenuhi kriteria terdapat 8805 50% soal yang dibawah kategori daya beda baik yaitu 0 40. Efektivitas pengecoh soal diketahui bahwa keempat sekolah masih berada pada kategori belum atau tidak berfungsi. Reliabilitas soal SMAN 1 Blitar cukup sebesar 0 67 SMAN 2 Blitar tinggi sebesar 0 77 SMAN 3 Blitar tinggi sebesar 0 72 dan SMAN 4 Blitar cukup sebesar 0 40. Kesesuaian soal UAS ganjil Biologi kelas XI SMA Negeri di Kota Blitar tiga sekolah valid dengan revisi dan satu sekolah kurang valid sebaiknya tidak digunakan dan direvisi. Validitas isi soal UAS ganjil Biologi Kelas XI tahun pelajaran 2017/2018 SMA Negeri di Kota Blitar valid untuk SMAN 1 Blitar dan SMAN 4 Blitar serta valid dengan revisi untuk SMAN 2 Blitar dan SMAN 3 Blitar. Validitas konstruk soal belum 100% karena masih banyak soal yang belum sesuai dengan indikator. Analisis konstruksi soal dari keempat sekolah didapatkan hasil persentase sebesar 96% sampai dengan 99% yang artinya hampir memenuhi semua kriteria dan analisis bahasa 100% untuk SMAN 1 Blitar dan SMAN 2 Blitar sedangkan SMAN 3 Blitar sebesar 98% dan SMAN 4 Blitar sebesar 99%. Selain analisis diatas dari penelitian ini juga ditemukan permasalahan yang sering dialami guru Biologi dalam penyusunan soal UAS adalah terdapat pada penyusunan kisi-kisi soal. Pedoman penulisan soal yang tidak diperhatikan dan guru masih menggunakan aturan serta acuan kurikulum yang sebelumnya. Sedangkan saat ini sudah menggunakan ii pedoman Kurikulum 2013 hasil revisi (kurikulum baru). Sehingga hal ini menyebabkan ketidaksesuaian antara hasil kisi-kisi yang dibuat dengan ketentuan-ketentuan yang seharusnya. Hasil penelitian ini juga menghasilkan soal hasil rekonstruksi berdasarkan hasil analisis validitas konstruknya sejumlah 5 soal untuk SMAN 1 Blitar 3 soal untuk SMAN 2 Blitar 15 soal untuk SMAN 3 Blitar dan 7 soal untuk SMAN 4 Blitar. Sedangkan berdasarkan validitas isinya dilakukan rekonstruksi 40 soal atau keseluruhan soal pada setiap sekolah. Setelah dilakukan analisis soal Ujian Akhir Semester ganjil Biologi kelas XI tahun pelajaran 2017/2018 SMA Negeri di Kota Blitar maka guru Biologi sebaiknya melakukan analisis kualitatif pada soal terlebih dahulu sebelum diujikan kepada peserta tes dan melakukan analisis kuantitatif setelah tes diujikan kepada peserta tes setiap akhir semester. Selain itu perlu dilakukannya revisi pada soal-soal yang belum memenuhi kriteria dengan cara merekonstruksi soal yang ada menjadi soal baru sesuai kriteria.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/25254

Actions (login required)

View Item View Item