Pengembangan modul pembelajaran budidaya tanaman bagi siswa SMA berbasis penelitian morfologi, anatomi, dan argonomi beberapa genotipe kedelai (Glycine max L. Merril) / Nabbu Julia Bule Logo

Logo, Nabbu Julia Bule (2018) Pengembangan modul pembelajaran budidaya tanaman bagi siswa SMA berbasis penelitian morfologi, anatomi, dan argonomi beberapa genotipe kedelai (Glycine max L. Merril) / Nabbu Julia Bule Logo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Bulelogo, Nabbu Julia. 2018. Pengembangan Modul Pembelajaran Budidaya Tanaman Kedelai bagi Siswa SMA Berbasis Penelitian Morfologi, Anatomi, dan Agronomi Beberapa Genotipe Kedelai (Glycine max (L) Merill). Tesis, Program Studi Pendidikan Biologi, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Siti Zubaidah, M.Pd., (II) Dr. Heru Kuswantoro, M.P. Kata kunci: Modul, Morfologi, Anatomi, Agronomi, Kedelai Modul Pembelajaran merupakan salah satu bahan ajar yang bersifat mandiri untuk mempelajari satu topik materi pembelajaran. Salah satu materi pada mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan di SMA adalah Budidaya Tanaman sehingga modul yang disusun berdasarkan analisis kebutuhan siswa membutuhkan bahan ajar berupa modul yang dapat membantu dalam pemahaman materi dengan terarah. Masalah budidaya tanaman kedelai sangat diperlukan untuk dipelajari siswa dalam upaya mendorong untuk melakukan pembudidayaan tanaman pangan yang diminati masyarakat dengan semakin meningkatnya permintaan kebutuhan akan kedelai dari tahun ke tahun. Pengembangan modul pembelajaran disusun dari hasil penelitian morfologi, anatomi, dan agronomi tanaman kedelai dengan pendekatan inkuiri dimana siswa diarahkan untuk melakukan percobaan atau praktik mandiri budidaya tanaman kedelai pada media polibag. Penelitian bersifat pendekatan diskriptif kuantitatif dengan dua tahapan, yang pertama penelitian yang bertujuan untuk mengamati tentang karakteristik morfologi, anatomi, dan agronomi tanaman kedelai pada Instalasi Penelitian Aneka Kacang dan Umbi (INLITKABI) Jambegede, Kepanjen, Malang, Jawa Timur, Indonesia yang dilakukan pada tanggal 21 April 2017 sampai dengan 14 Juli 2017 kemudian dilanjutkan dengan pengamatan karakter anatomi tanaman kedelai pada sepuluh genotipe pada Laboratorium Biologi UM mulai tanggal 18 Juli sampai dengan 25 Agustus 2017. Rancangan percobaan yang digunakan adalah rancangan acak kelompok dengan 3 ulangan dari sepuluh genotipe kedelai Anj/MLGG 0511-20, Anj/MLGG 0511-29, Brg/MLGG 0511-29, Brg/Myp-3, Brg/Myp-14, Grb/Lwt-12, Grb/Lwt-17, Grb/Lwt-22, Grb/Myp-65, dan MLGG 0892. Analisa data menggunakan Univariat analisis varian dilanjutkan dengan Uji Duncan untuk mengetahui perbedaan rata-rata, Uji korelasi untuk mengetahui hubungan antar karakter pada sepuluh genotipe kedelai dengan menggunakan bantuan aplikasi SPSS. Penelitian tahap dua yaitu pengembangan modul pembelajaran berbasis penelitian menggunakan model ADDIE yang terdiri dari tahapan Analyse, Design, Develop, Implement, Evaluate. Modul dikembangkan dengan pendekatan inkuiri dan penilaian modul dilakukan oleh validator yang terdiri dari ahli bahan ajar, ahli materi dan praktisi oleh guru SMA mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan. Penelitian yang dilakukan terhadap sepuluh genotipe kedelai menunjukkan beberapa hasil seperti (1) ada perbedaan rata-rata dari karakter morfologi, anatomi, dan agronomi, (2) ada hubungan yang signifikan antar karakter morfologi, anatomi, dan agronomi, (3) tidak ada perbedaan rata-rata dalam satu kelompok karakter anatomi daun, jumlah trikoma, panjang trikoma, lebar trikoma, ii jumlah stomata, panjang stomata, dan lebar stomata, (4) tidak ada hubungan yang signifikan antar karakter anatomi bunga (5) penilaian modul pengembangan oleh validator ahli memperoleh nilai persentase rata-rata 88,25% yang berarti sangat layak digunakan pada kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/25253

Actions (login required)

View Item View Item