Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Flash pada Materi Protista Kelas X MA Bilingual Batu / Rizki Putri Ramadani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Flash pada Materi Protista Kelas X MA Bilingual Batu / Rizki Putri Ramadani

Ramadani, Rizki Putri (2018) Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Flash pada Materi Protista Kelas X MA Bilingual Batu / Rizki Putri Ramadani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Ramadani Rizki Putri. 2018. Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Flash pada Materi Protista Kelas X MA Bilingual Batu. Skripsi. Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Endang Suarsini M.Ked. (II) Sofia Ery Rahayu S.Pd M.Si Kata Kunci Multimedia Interaktif Materi Protista Biologi merupakan mata pelajaran di Sekolah Menengah Atas (SMA)/ Madrasah Aliyah (MA) yang ruang lingkupnya berhubungan langsung dengan alam dan kehidupan sehari-hari. Ada beberapa materi Biologi memerlukan kegiatan pengamatan seperti Protista sehingga membutuhkan alat-alat seperti mikroskop cahaya pipet tetes kaca preparat dan kaca penutup. Protista mayoritas bersifat mikroseluler meskipun ada juga yang makroseluler. Protisa yang uniseluler ukurannya sangat kecil sehingga untuk mengamatinya dibutuhkan mikroskop cahaya. Hasil wawancara dan observasi pada Jumat 24 Agustus 2017 dengan guru Biologi MA Bilingual Batu diketahui bahwa di MA Bilingual Batu tidak ada laboratorium Biologi dan alat-alat laboratorium tidak memadai untuk melakukan pengamatan Protista misalnya mikroskop. Pengalaman selama Kajian Praktik Lapang (KPL) di MA Bilingual Batu siswa menyatakan merasa kesulitan mempelajari materi Protista karena siswa kurang memiliki pengalaman belajar seperti kegiatan pengamatan. Selain itu berdasarkan angket kebutuhan siswa menunjukkan bahwa 91% siswa menyatakan materi Protista sulit dipahami 52% siswa menyatakan pembelajaran di kelas hanya berdiskusi dengan media gambar. Siswa menyatakan kurang termotivasi dalam belajar dan merasa bosan saat pembelajaran di kelas. Mengatasi permasalahan belajar siswa terkait materi Protista siswa membutuhkan media pembelajaran yang interaktif. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian dan pengembangan yang bertujuan untuk (1) mengembangkan multimedia interaktif dan materi Protista berbasis Flash untuk memudahkan siswa memahami materi Protista (2) menguji kelayakan kepraktisan dan keefektifan multimedia interaktif. Aplikasi Flash digunakan adalah Adobe Flash CS6. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan yaitu ADDIE dengan 5 tahapan yaitu Analyze Design Develop Implement Evaluate. Multimedia interaktif ini memiliki 5 menu utama yaitu Kompetensi Materi Video pengamatan Evaluasi dan Profil peneliti. Multimedia interaktif divalidasi secara internal dan eksternal. Secara internal multimedia interaktif divalidasi oleh dosen pembimbing I dan II sedangkan secara eksternal divalidasi oleh ahli materi ahli media dan praktisi lapangan. Analisis data validasi ahli materi ahli media dan praktisi lapangan menggunakan skala pengukuran rating scale didasarkan atas bobot skor yang telah ditetapkan. Skor validasi yang didapat kemudian ditafsirkan dalam pengertian kualitatif (layak/cukup layak/kurang layak/tidak layak). Kepraktisan multimedia interaktif diperoleh dari angket respon 17 siswa kelas X MIA 2 MA Bilingual Batu. Keefektifan multimedia interaktif diperoleh dari hasil pretest dan postest. vii Hasil validasi kelayakan multimedia interaktif ahli materi sebesar 95 71% ahli media sebesar 91 82% dan praktisi lapangan sebesar 93 33% sehingga multimedia interaktif dinyatakan layak. Angket respon siswa terhadap multimedia interaktif diperoleh tingkat kepraktisan sebesar 83% sehingga multimedia interaktif dinyatakan praktis. Hasil pretest sebelum ditanyangkan multimedia interaktif dan hasil postest setelah ditayangkan multimedia interaktif mengalami peningkatan yaitu dari 36% menjadi 88%. Hasil postest melebihi ketuntasan klasikal minimum ( 8805 85%) maka multimedia interaktif yang dikembangkan efektif digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/25250

Actions (login required)

View Item View Item