Pengembangan Perangkat Pembelajaran Materi Pengolahan Sampah di SMA Negeri 1 Sumberpucung Dengan Memanfaatkan TPA Talangagung Kepanjen Sebagai Sumber Belajar / Daning Nindya Fitri Arianti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan Perangkat Pembelajaran Materi Pengolahan Sampah di SMA Negeri 1 Sumberpucung Dengan Memanfaatkan TPA Talangagung Kepanjen Sebagai Sumber Belajar / Daning Nindya Fitri Arianti

Arianti, Daning Nindya Fitri (2018) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Materi Pengolahan Sampah di SMA Negeri 1 Sumberpucung Dengan Memanfaatkan TPA Talangagung Kepanjen Sebagai Sumber Belajar / Daning Nindya Fitri Arianti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Arianti Daning Nindya Fitri. 2018. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Materi Pengolahan Sampah di SMA Negeri 1 Sumberpucung Dengan Memanfaatkan TPA Talangagung Kepanjen Sebagai Sumber Belajar. Skripsi Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Triastono Imam Prasetyo M.Pd. (II) Prof. Dr. Ir. Suhadi M.Si. Kata kunci pengembangan perangkat pembelajaran TPA Talangagung pengolahan sampah sumber belajar Pembelajaran pada Kurikulum 2013 berbasis kompetensi dan karakter lebih menekankan pada pemberian pengalaman belajar secara langsung. Pemberian pengalaman belajar secara langsung dapat dengan memanfaatkan lingkungan/tempat wisata sebagai sumber belajar. Pembelajaran biologi materi pengolahan sampah di SMA Negeri 1 Sumberpucung belum dikembangkan dengan perencanaan pembelajaran yang memanfaatkan TPA Talangagung sebagai sumber belajar. Media yang digunakan juga belum memberikan pengalaman belajar secara langsung pada siswa. Menurut Ibrahim Sukmadinata (2010 118) untuk mencapai hasil yang optimal dalam kegiatan pembelajaran adalah digunakannya media yang bersifat langsung dalam bentuk objek nyata atau realia. Tujuan penelitian dan pengembangan ini untuk menghasilkan produk berupa perangkat pembelajaran yang meliputi silabus RPP instrumen penilaian LKS hand-out panduan kunjungan dan gambaran lokasi yang memanfaatkan TPA Talangagung sebagai sumber belajar yang memenuhi kriteria valid praktis dan efektif. Model penelitian yang digunakan merupakan penelitian pengembangan yakni model 4D oleh Thiagarajan (1974) namun penelitian ini dibatasi sampai pada tahap Develop sub tahap development testing. Validasi dilakukan oleh validator ahli perangkat pembelajaran ahli materi dan praktisi lapangan. Tahap uji pengembangan dilakukan pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Sumberpucung untuk mengetahui kepraktisan dan keefektifan perangkat pembelajaran. Hasil uji kevalidan silabus RPP instrumen penilaian LKS hand-out panduan kunjungan dan gambaran lokasi berturut-turut sebesar 99 64% 94 61% 81 59% 91 6% 95 74 88 74% dan 89 58% sehingga keseuruhan perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria valid. Kepraktisan perangkat menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran sangat praktis untuk digunakan berdasarkan angket respons siswa terhadap ulangan harian LKS hand-out gambaran lokasi dan proses pembelajaran serta keterlaksanaan pembelajaran didapat rerata skor berturut-turut sebesar 83 27% 85 11% 80 6% 87 13% 85 09% dan 95 38%. Uji keefektifan diperoleh dari penilaian hasil kompetensi pengolahan sampah (pengetahuan sikap dan keterampilan) sebesar 84 2 dengan semua siswa tuntas. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan bahwa pengembangan perangkat pembelajaran dengan memanfaatkan TPA Talangagung sebagai sumber belajar layak digunakan dalam pembelajaran biologi. Saran untuk pemanfaatan yakni perlu memperhatikan jarak dan alokasi waktu agar pembelajaran dapat berlangsung dengan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/25249

Actions (login required)

View Item View Item