Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar kognitif siswa pada pembelajaran biologi di SMAN 1 Pakel Tulungagung / Immas Siva Fauzia

Fauzia, Immas Siva (2018) Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar kognitif siswa pada pembelajaran biologi di SMAN 1 Pakel Tulungagung / Immas Siva Fauzia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Fauzia Immas Siva. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Pembelajaran Biologi di SMAN 1 Pakel Tulungagung. Skripsi. Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Susriyati Mahanal M.Pd. (II) Dra. Eko Sri Sulasmi M.S. Kata Kunci Inkuiri Terbimbing Hasil Belajar Kognitif SMAN 1 Pakel Tulungagung telah memberlakukan Kurikulum 2013. Namun guru mengajarkan materi pada siswa dengan cara konvensional dan minim dengan praktikum di laboratorium. Pembelajaran konvensional membuat guru mendominasi dalam pembelajaran dan siswa kurang terlibat aktif dalam pemecahan masalah. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa adalah model inkuiri terbimbing. Model pembelajaran inkuiri terbimbing merupakan metode pembelajaran yang mengharuskan siswanya mencari konsep dari pelajaran itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar kognitif siswa pada pembelajaran biologi di SMAN 1 Pakel Tulungagung. Penelitian ini menggunakan rancangan Quasi Experiment Pretest-Posttest Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 1 Pakel Tulungagung sedangkan sampel pada penelitian ini adalah kelas X MIPA 1 dan kelas X MIPA 2. Kelas eksperimen diberi perlakuan model pembelajaran inkuiri terbimbing sedangkan kelas kontrol diberi perlakuan pembelajaran konvensional. Instrumen pengukuran yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari tes pilihan ganda. Hipotesis penelitian ini dianalisis menggunakan uji statistika anakova dengan uji prasyarat berupa uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil uji anakova pada kompetensi dasar 3.7 dapat dilihat bahwa signifikansi p 0 001 0 05 dan Fhitung (2 593) dengan rata-rata kelas kontrol sebesar 76.69 dan kelas eksperimen 78.76. Pada kompetensi dasar 3.8 dapat dilihat bahwa signifikansi p 0 001 0 05 dan Fhitung (11 414) dengan rata-rata kelas kontrol sebesar 73.10 dan kelas eksperimen sebesar 79.17. Dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima yaitu model pembelajaran inkuiri terbimbing berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/25245

Actions (login required)

View Item View Item