Pelaksanaan pembelajaran remedi mata pelajaran biologi, beserta kendala dan solusi oleh guru di MAN 1 dan MAN 3 Kota Malang semester gasal dan genap tahun ajaran 2016/2017 / Lailil Hidayah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pelaksanaan pembelajaran remedi mata pelajaran biologi, beserta kendala dan solusi oleh guru di MAN 1 dan MAN 3 Kota Malang semester gasal dan genap tahun ajaran 2016/2017 / Lailil Hidayah

Hidayah, Lailil (2018) Pelaksanaan pembelajaran remedi mata pelajaran biologi, beserta kendala dan solusi oleh guru di MAN 1 dan MAN 3 Kota Malang semester gasal dan genap tahun ajaran 2016/2017 / Lailil Hidayah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Hidayah Lailil. 2017. Pelaksanaan Pembelajaran Remedi Mata Pelajaran Biologi Beserta Kendala dan Solusi oleh Gurudi MAN 1 dan MAN 3 Kota Malang Semester Gasal dan Genap Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang (UM). Pembimbing (1) Drs.Triastono Imam Prasetyo M.Pd. (2) Drs. I Wayan Sumberartha M.Sc Kata Kunci pembelajaran remedi kendala solusi Kurikulum 2013 dalam hal membagi hasil pembelajaran merupakan sistem pembelajaran tuntas artinya siswa harus tuntas mencapai kompetensi. Ketuntasan terhadap kompetensi ditetapkan dalam bentuk Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang dirumuskan oleh guru mata pelajaran.Tercapaitidaknyaketuntasandiketahuidariskorulanganharianmencapai KKM atautidak. Siswa yang belum mencapai KKM (belumtuntas) akan diberi pembelajaran remedioleh guru. Penelitian ini bertujuan mengungkapkan Pelaksanaan Pembelajaran Remedi Mata Pelajaran Biologi Beserta Kendala dan Solusi oleh Guru di MAN 1 dan MAN 3 Kota Malang kelas X dan kelas X1 Semester Gasal dan Genap tahun ajaran 2016/2017 . Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Sumber data adalah guru mata pelajaran biologi dan siswa yang mengalami remedi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara terhadap guru dan siswa yang mengalami remedi observasi dan studi dokumentasi. Data yang dikumpulkan adalah tahapan pembelajaran remedi yang terdiri atas penelaahaan kembali kasus pemberian alternatif tindakan pemberian layanan khusus pelaksanaan pembelajaran remedi penilaian hasil kembali serta re-evaluasi dan re-diagnostik. Selain itu juga dikumpulkan data tentang kendala pelaksanaan pembelajaran remedi dan solusi yang dilakukan guru. Data yang diperoleh dianalisis dengan cara membandingkannya dengan teori pembelajaran remedi dan petunjuk teknis pembelajaran tuntas remedial pengayaan yang dikeluarkan oleh Direktorat Pembinaan SMA (2010). Berdasarkan penelitian yang dilakukan di MAN 1 dan MAN 3 Kota Malang semester gasal dan genap 2016/2017 dapat diketahui 1) guru mapel biologi kelas X dan kelas XI sudah melaksanakan 6 tahapan pembelajaran remedi namuntidaksampaidilakukan pemberian layanan khusus yang dilakukan oleh guru BP karena masalah atau kesulitan yang dialami siswa tidak tergolong kategori berat. 2) Terdapat duahal yang tidaksesuaidengan petunjuk teknis pembelajaran remedi dari Direktorat yaitu pelaksanaan pembelajaran di dalam jam pelajaran yang seharusnya dilaksanakan di luar jam pelajarandanpelaksanaanpembelajaranremedi yang dilakukandi akhir semester. Adapun kendala yang dihadapi guru dalam pelaksanaan pembelajaran remedi dan solusinya yaitu kesibukan guru kegiatan sekolah yang menganggu jadwal pelajaran waktu situasi dankondisi yang tidak memungkinkandan ketidakdisiplinan siswa untuk melaksanakan pembelajaran remedi. Solusi yang dilakukan guru untuk mengatasi kendala yaitu 1) merubah jadwal remedi untuk siswa yang tidak disiplin 2) membangi waktuantaratugasmengajardenganpelaksanaanpembelajaranremedisehinggakeduatugasdapatdilaksanakan dan3) memberikan tugas tanpa memberikan tes ulang karena laporan tugas dianggap hasil tes. Bagi guru disarankan agar melaksanakan pembelajaran remedi sesuai dengan teori dan anjuran dari Juknis Pembinaan SMA (2010) agar tujuan pembelajaran tercapai secara maksimal.Jugadisarankan agar guru memanfaatkan tutor sebaya mengembangkan modul remedi dan mengefektifkan forum MGMP terkait pelaksanaan pembelajaran remedi. Guru disarankanselaluberkonsultasidengankepalasekolah dan guru senior biologi untukdapatmelaksanakan pembelajaran remedidenganbenar sesuaidenganteori pembelajaran remedi dan petunjuk teknis pembelajaran tuntas remedial pengayaan yang dikeluarkan oleh Direktorat Pembinaan SMA (2010).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Apr 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/25233

Actions (login required)

View Item View Item