Pengaruh penerapan pembelajaran problem based learning dengan strategi think talk write terhadap hasil belajar kognitif dan keterampilan proses siswa kelas XI SMA Negeri 6 Malang / Ellyawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penerapan pembelajaran problem based learning dengan strategi think talk write terhadap hasil belajar kognitif dan keterampilan proses siswa kelas XI SMA Negeri 6 Malang / Ellyawati

Ellyawati (2018) Pengaruh penerapan pembelajaran problem based learning dengan strategi think talk write terhadap hasil belajar kognitif dan keterampilan proses siswa kelas XI SMA Negeri 6 Malang / Ellyawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ellyawati. 2016. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learningdengan strategiThink Talk Write terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Keterampilan Siswa Kelas XI SMANegeri6 Malang.Skripsi JurusanPendidikanBiologi FMIPA UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dra. HerawatiSusilo M.Sc.Ph.D (2) Dra. Nursasi Handayani M.Si Kata Kunci Model PembelajaranProblem Based Learningdengan strategi Think Talk Write Problem Based Learning hasil belajar kognitif keterampilam proses sains. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruhpenerapanpembelajaranProblem Based LearningdenganstrategiThink Talk Writeterhadaphasilbelajarkognitifsiswakelas XI SMA Negeri6 Malang (2) pengaruhpenerapanpembelajaranProblem Based LearningdenganstrategiThink Talk Writeterhadapketerampilan proses siswakelas XI SMA Negeri6 Malang. Berdasarkan hasil observasi pembelajaran di SMA Negeri 6 Malang diketahui bahwa keterampilan proses siswa kelas XI masih rendah contohnya keterampilan siswa dalam berpendapat mengajukan pertanyaan menjelaskan materi dan melaksanakan praktikum. Hasil belajar kognitif siswa menunjukkan bahwa sekitar 40% memiliki nilai dibawah KKM. Pembelajaran di sekolah masih belum mengaktifkan siswa untuk mengkonstruksi pengetahuannya sendiri. Olehkarenaitu diperlukansebuahinovasipembelajarandari guru yang berpusatpadasiswa. Salah satunyadengan model pembelajaranProblem Based Learning dipadu Think Talk Write yang melatihsiswamenerapkankonseppembelajaranuntukmenyelesaikanpermasalahan di kehidupansehari-hari. Penelitian ini termasuk jenis penelitian quasi eksperimen dengan desain penelitiannonequivalen control group design. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas XI SMA Negeri 6 Malang. Sampel Penelitian terdiri dari 2 kelas yang diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling yaitu kelas XI MIA 1 (kelas kontrol) dan kelas XI MIA 2 (kelas eksperimen). Teknik pengumpulan data menggunakan tes observasi dan angket. Analisis data hasil belajar kognitif menggunakan Analisis Kovarian (Anakova) sedangkan untuk hasil keterampilan proses sains menggunakan Uji-t. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkam bahwa (1) Ada pengaruh model pembelajaranProblem Based Learning dipaduThink Talk Writeterhadaphasilbelajarkognitifsiswa. Menurut uji hipotesis hasilAnakovaF hitungsebesar 5.960 dengan sig.0.017(p

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Mar 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/25230

Actions (login required)

View Item View Item