Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dipadu mind map untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa SMAN 1 Singosari kelas X IPA pada pelajaran biologi / Gibbie Nandhini Tundjung Biru

Biru, Gibbie Nandhini Tundjung (2018) Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dipadu mind map untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa SMAN 1 Singosari kelas X IPA pada pelajaran biologi / Gibbie Nandhini Tundjung Biru. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Gibbie, N.T.B. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dipadu Mind Map untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa SMAN 1 Singosari Kelas X IPA pada Pelajaran Biologi. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Biologi, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Herawati Susilo, M.Sc, Ph.D, (II) Dr. Sri Rahayu Lestari, M.Si. Kata Kunci: Problem Based Learning, Mind Map, kemampuan berpikir kritis, hasil belajar kognitif Kurikulum 2013 merupakan upaya penyesuaian terhadap tuntutan pendidikan di Abad 21. Sejumlah kompetensi dan/atau kemampuan pun harus dimiliki oleh siswa agar dapat bersaing di Abad 21, salah satunya adalah kemampuan berpikir kritis. Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan oleh peneliti, diketahui siswa masih memiliki kemampuan berpikir kritis yang rendah sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa yang kurang dari nilai ketuntasan minimal. Mengacu pada permasalahan tersebut, maka dilaksanakan Penelitian Tindakan Kelas menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dipadu dengan Mind Map untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa. Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilakukan pada siswa kelas X IPA C SMAN 1 Singosari pada mata pelajaran Biologi selama 3 siklus. Masing-masing siklus terdiri atas 4 tahapan yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan tindakan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi tes dan observasi. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi lembar observasi keterlaksanaan tindakan guru dan siswa, Lembar Kerja Siswa (LKS) berpikir kritis, serta pre test dan post test . Teknik analisis yang digunakan menggunakan deskriptif kualitatif yang terdiri atas reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian PBL dipadu dengan mind map yang dilakukan menunjukan hasil rata-rata persentase keterampilan berpikir kritis siswa meningkat dari 56,8% menjadi 65,6% dan dari 65,6% menjadi 68,8%; sedangkan hasil belajar kognitif siswa meningkat dari 73,0% menjadi 78,8% dan dari 78,8% menjadi 89,2%. PBL dipadu mind map mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis karena pembelajaran berorientasi pada masalah disekitar siswa sehingga siswa didorong untuk mampu menyelesaikan masalah dan mengingat informasi yang diperoleh. Kemampuan kognitif siswa mengalami peningkatan disebabkan pada penerapan PBL dipadu mind map siswa terlibat langsung dalam kegiatan pembelajaran yaitu kegiatan diskusi memecahkan masalah dan presentasi yang membuat siswa dapat membangun pengetahuannya sendiri sehingga materi dapat dengan mudah diingat. Kesimpulan dari penelitian PTK ini menunjukkan bahwa penerapan model Problem Based Learning (PBL) dipadu dengan mind map mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Mar 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/25229

Actions (login required)

View Item View Item