Analisis butir dan rekonstruksi soal Ujian Akhir Semester (UAS) genap kelas X mata pelajaran Biologi tahun ajaran 2016/2017 di SMAN 1 Sumberpucung, SMAN 1 Kepanjen, SMAN 1 Gondanglegi, dan SMAN 1 Bululawang / Dwi Arianita Wulan Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis butir dan rekonstruksi soal Ujian Akhir Semester (UAS) genap kelas X mata pelajaran Biologi tahun ajaran 2016/2017 di SMAN 1 Sumberpucung, SMAN 1 Kepanjen, SMAN 1 Gondanglegi, dan SMAN 1 Bululawang / Dwi Arianita Wulan Sari

Sari, Arianita Wulan (2018) Analisis butir dan rekonstruksi soal Ujian Akhir Semester (UAS) genap kelas X mata pelajaran Biologi tahun ajaran 2016/2017 di SMAN 1 Sumberpucung, SMAN 1 Kepanjen, SMAN 1 Gondanglegi, dan SMAN 1 Bululawang / Dwi Arianita Wulan Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Sari Dwi Arianita Wulan. 2017. Analisis Butir dan Rekonstruksi Soal Ujian Akhir Semester (UAS) Genap Mata Pelajaran Biologi Kelas X Tahun Ajaran 2016/2017 di SMAN 1 Sumberpucung SMAN 1 Kepanjen SMAN 1 Gondanglegi dan SMAN 1 Bululawang. Skripsi Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Sunarmi M.Pd. (II) Drs. Masjhudi M.Pd. Kata Kunci Analisis Butir Soal Rekonstruksi UAS Analisis soal atau analisis butir soal merupakan prosedur yang sistematis untuk memberikan informasi khusus terhadap butir soal yang disusun. Analisis soal dapat membantu dalam mengidentifikasi soal yang kurang baik. Analisis butir soal adalah pengkajian pertanyaan pada soal tes agar dapat diperoleh pertanyaan yang memiliki kualitas yang memadai. Hal yang dikaji dalam analisis butir soal yaitu validitas logis (isi dan konstruk) serta validitas empiris (reliabilitas tingkat kesukaran daya beda dan efektivitas pengecoh soal). Analisis butir soal di SMAN 1 Sumberpucung SMAN 1 Kepanjen SMAN 1 Gondanglegi dan SMAN 1 Bululawang belum dilakukan sehingga penelitian ini bertujuan untuk menganalisis butir soal UAS di SMA tersebut dan merekonstruksi soal yang belum berkualitas baik. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif kuantitatif. Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Analisis data secara kualitatif digunakan untuk melihat validitas logis (validitas isi dan konstruk) soal. Analisis data secara kuantitatif digunakan untuk melihat validitas empiris soal yang meliputi reliabilitas tingkat kesukaran daya beda dan efektivitas pengecoh soal menggunakan program ANATES V4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa soal memiliki validitas logis (validitas isi dan konstruk) yang baik dengan persentase 97 5% untuk validitas isi dan 65% untuk validitas konstruk. Soal memiliki reliabilitas soal yang cukup masing-masing sekolah dengan nilai reliabilitas 0 58 0 64 0 65 dan 0 64. Soal memiliki perbandingan tingkat kesukaran yang tidak baik secara berurutan perbandingan tingkat kesukaran soal dari empat sekolah tersebut yaitu 3 5 2 2 5 8 9 5 6 9 5 4 5 dan 1 5 12 5 6. Soal di SMAN 1 Sumberpucung dan SMAN 1 Kepanjen memiliki daya beda soal yang lemah (jelek) sedangkan di SMAN 1 Gondanglegi dan SMAN 1 Bululawang memiliki daya beda soal sedang secara berurutan dengan persentase 42 5% 47 5% 52 5% dan 40%. Soal di SMAN 1 Sumberpucung SMAN 1 Kepanjen dan SMAN 1 Gondanglegi memiliki efektivitas pengecoh soal yang cukup baik dengan persentase 42 5% untuk SMAN 1 Sumberpucung 37 5% untuk SMAN 1 Kepanjen dan 35% untuk SMAN 1 Gondanglegi sedangkan SMAN 1 Bululawang tergolong memiliki efektivitas pengecoh yang kurang baik (37 5%). Soal berdasarkan validitas logisnya harus direkonstruksi sebanyak 14 soal dari 40 soal. Berdasarkan validitas empirisnya dari 40 soal di SMAN 1 Sumberpucung harus direkonstruksi sebanyak 30 di SMAN 1 Kepanjen sebanyak 27 soal di SMAN 1 Gondanglegi sebanyak 28 soal dan di SMAN 1 Bululawang sebanyak 23 soal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 14 Mar 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/25228

Actions (login required)

View Item View Item