Assessment for learning dengan metode discovery untuk meningkatkan scientific writing kelas X MIPA SMAN 8 Malang tahun ajaran 2016/2017 / Henrika Jempormase

Jempormase, Henrika (2018) Assessment for learning dengan metode discovery untuk meningkatkan scientific writing kelas X MIPA SMAN 8 Malang tahun ajaran 2016/2017 / Henrika Jempormase. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Jempormase, Henrika. 2017. Assessment for Learning dengan Metode Discovery untuk Meningkatkan Scientific Writing Kelas X MIPA 4 SMAN 8 Malang Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi, Jurusan Biologi, Program Studi S1 Pendidikan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Hadi Suwono, M. Si, (II) Drs. Masjhudi, M.Pd Kata kunci: assessment for learning, discovery, scientific writing Assessment for learning (AfL) merupakan penilaian terhadap kinerja peserta didik yang dilaksanakan selama proses pembelajaran berlangsung di kelas. AfL bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran menggunakan informasi yang diperoleh. AfL terdiri dari feedback, self assessment, peer assessment, dan teacher assessment. Salah satu kegiatan assessment yang dilakukan di kelas untuk mengukur kinerja peserta didik ialah dengan menulis laporan ilmiah. Laporan ilmiah merupakan salah satu kegiatan scientific writing yang merupakan proses interaksi peserta didik merangkai huruf menjadi sebuah tulisan dan mampu memahamkan pembaca yang didasarkan pada pemikiran yang logis, empiris, dan sistematis. Namun, hasil wawancara dan analisis terhadap kemampuan scientific writing berdasarkan laporan terdahulu peserta didik Kelas X MIPA 4 SMAN 8 Malang, 50% laporan sesuai dengan sistematika Karya Tulis Ilmiah yang benar, sisanya belum sesuai. Hal ini karena kurangnya pemahaman awal peserta didik terhadap sistematika Karya Tulis Ilmiah yang benar. Untuk meningkatkan kemampuan scientific writing, diperlukan metode pembelajaran yang menunjang, salah satunya yaitu penggunaan metode discovery dengan pemberian feedback dari penilaian AfL. Penelitian ini menggunakan mixed method dengan embedded preexperimental. Penelitian dilaksanakan pada bulan April 2017, di Kelas X MIPA 4 SMAN 8 Malang dengan total 39 peserta didik. Penelitian ini menggunakan instrumen AfL untuk mengukur kemampuan scientific writing dan hasil belajar peserta didik. Analisis terhadap data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan kemampuan scientific writing peserta didik yang mendapatkan feedback dari AfL dan scientific writing peserta didik tanpa feedback dari AfL berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan scientific writing peserta didik. Berdasarkan hasil analisis kuantitatif, hasil uji F terhadap laporan scientific writing sebesar 23,194, menyatakan bahwa AfL secara signifikan berpengaruh besar terhadap peningkatan kemampuan scientific writing peserta didik. Ada perbedaan hasil belajar peserta didik yang mendapatkan feedback dari AfL dan hasil belajar peserta didik tanpa feedback dari AfL berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik. Berdasarkan hasil analisis kuantitatif, hasil uji t sebesar 153,021, menyatakan bahwa AfL secara signifikan berpengaruh besar terhadap peningkatan kemampuan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Feb 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/25227

Actions (login required)

View Item View Item