Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dipadu kooperatif Think Pair Square Share (TPSS) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X MIA 5 SMAN 02 Batu / Dini Resita Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dipadu kooperatif Think Pair Square Share (TPSS) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X MIA 5 SMAN 02 Batu / Dini Resita Putri

Putri, Dini Resita (2018) Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dipadu kooperatif Think Pair Square Share (TPSS) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X MIA 5 SMAN 02 Batu / Dini Resita Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Putri Dini Resita. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dipadu Kooperatif Think Pair Square Share (TPSS) untuk Meningkat-kan Kemampuan Berpikir KritisSiswa Kelas X MIA 5 SMAN 02 Batu. Pembimbing (I) Dra. Sunarmi M.Pd. (II) Dra. Amy Tenzer M.S. Kata Kunci inkuiri terbimbing kooperatif TPSS kemampuan berpikir kritis Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru Biologi SMAN 02 Batu kemampuan berpikir kritissiswa kelas X MIA 5 tergolong rendah terlihat dari jawaban siswa terhadap pertanyaan dengan aspek berpikir kritis dan hasil belajar siswa yang menunjukkan bahwa ketuntasan klasikal hanya 57%. Rendahnya kemampuan berpikir kritis disebabkan kurang di-berdayakannya kemampuan tersebut pada setiap pembelajaran. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritissiswa melaluipenerapan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dipadu Kooperatif TPSS.Subjekpenelitian ini adalah siswa Kelas X MIA 5 SMAN 02 Batu tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 30 orang terdiri dari 10 siswa dan 20 siswi. Kemampuan berpikir kritis siswa meliputi aspek interpretasi analisis evaluasi inferensi eksplanasi dan self-regulation yang diukur menggunakan melaluites akhir siklus dan penilaian tes akhir siklus dilakukan berdasarkan rubrik penilaian kemampuan berpikir kritis. Penelitian tindakan kelas dilakukan selama dua siklus. Data hasil penelitiankemampuan berpikir kritissebagai berikut. Aspek Intepretasi meningkat dari 65 6% menjadi 87 5% pada siklus II. Aspek Analisis meningkat dari 45 6% menjadi 68% pada siklus II. Aspek Evaluasi meningkat dari 67% menjadi 75% pada siklus II. Aspek Inferensi meningkat dari 57 3% menjadi 76 3% pada siklus II. Aspek Eksplanasi meningkat dari 46 6% menjadi 66% pada siklus II. Aspek Self-regulation meningkat dari 71 3% menjadi 84 6% pada siklus II. Secara keseluruhan aspek kemampuan berpikir kritis siswa meningkat dari 58 8% pada siklus I menjadi 87 5% pada siklus II. Model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dipadu Kooperatif TPSS dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada setiap aspeknya.Penerap-an Model Pembelajaran harus dilakukan oleh Guru dengan baik melalui bombingan kepada siswa disetiap langkah pembelajaran sehingga setiap aspek berpikir kritis dapat semakin terasah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Feb 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/25226

Actions (login required)

View Item View Item