Pengembangan rancangan dan perangkat pembelajaran ekosistem berbasis problem based learning bersumber mangrove center Tuban untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan sikap peduli lingkungan siswa kelas X-MIA I SMAN 4 Tuban / Uswatun Khasanah

Khasanah, Uswatun (2018) Pengembangan rancangan dan perangkat pembelajaran ekosistem berbasis problem based learning bersumber mangrove center Tuban untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan sikap peduli lingkungan siswa kelas X-MIA I SMAN 4 Tuban / Uswatun Khasanah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Khasanah, Uswatun. 2017. Pengembangan Rancangan dan Perangkat Pembelajaran Ekosistem Berbasis Problem Based Learning Bersumber Mangrove Center Tuban untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Sikap Peduli Lingkungan Siswa Kelas X MIA 1 SMAN 4 Tuban. Skripsi. Jurusan Biologi. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Malang. Dosen Pembimbing: (I) Dr. Ibrohim, M.Si, (II) Siti Imroatul Maslikah, S.Si, M.Si. Kata Kunci: Bahan Ajar, Mangrove Center Tuban, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Sikap Peduli Lingkungan Upaya pemenuhan kebutuhan manusia telah mempengaruhi lingkungan alam. Kurikulum pendidikan sudah seharusnya diarahkan untuk membangun kepedulian siswa terhadap alam dan menumbuhkan keterampilan merumuskan pemecahan masalah terhadap isu lingkungan. Kemampuan berpikir kritis sangat dibutuhkan dalam proses pemecahan masalah. Pembelajaran dengan model PBL merupakan salah satu cara mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa. Penggunaan masalah dunia nyata dalam PBL dapat mengasah kepekaan siswa terhadap isu lingkungan dan mendorong mereka untuk mencari alternatif solusi dari permasalahan yang ada. Penelitian ini ditujukan untuk mengembangkan bahan ajar berupa Handout dan LKS berbasis Problem-based Learning yang menggunakan Mangrove Center Tuban sebagai sumber belajar. Penerapan bahan ajar hasil pengembangan diharapkan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan sikap peduli lingkungan siswa kelas X MIA 1 SMAN 4 Tuban. Penelitian dilakukan dalam 3 tahapan dari empat tahapan pengembangan Thiagarajan yaitu: (1) pendefinisian dengan melakukan analisis permasalahan dan karakter siswa di SMAN 4 Tuban, (2) perancangan dengan menentukan nilai kognitif minimal, media pembelajaran, bahan ajar, dan desain awal media pembelajaran, (3) pengembangan dengan melakukan uji validasi dan uji pengembangan. Hasil validasi menunjukkan bahwa perangkat hasil pengembangan masuk dalam kategori sangat valid dengan rerata skor silabus 3,29, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) 3,9, Handout 3,8, dan Lembar Kerja Siswa (LKS) 3,75. Hasil uji keterbacaan menunjukkan bahwa rerata skor keterbacaan Handout 3,23 dan LKS 3,27 dengan kategori terbaca baik. Hasil penerapan perangkat hasil pengembangan di kelas X MIA 1 SMAN 4 Tuban dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dengan rincian 10 siswa masuk dalam kategori kritis dan 26 lainnya sangat kritis; serta sikap peduli lingkungan siswa dengan rincian 12% dikategorikan sangat baik dan 88% siswa masuk dalam kategori cukup.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/25225

Actions (login required)

View Item View Item