Pengembangan asesmen formatif berbasis komputer untuk mengukur keterampilan berpikir tingkat tinggi pada materi Sistem Sirkulasi SMA kelas XI di MAN 3 Malang / Kuni Mawaddah

Mawaddah, Kuni (2018) Pengembangan asesmen formatif berbasis komputer untuk mengukur keterampilan berpikir tingkat tinggi pada materi Sistem Sirkulasi SMA kelas XI di MAN 3 Malang / Kuni Mawaddah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Mawaddah, Kuni. 2017. Pengembangan Asesmen Formatif Berbasis Komputer untuk Mengukur Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi pada Materi Sistem Sirkulasi Sma Kelas XI di MAN 3 Malang. Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alama, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Murni Saptasari, M. Si., (II) Dr. Endang Suarsini, M. Ked Kata Kunci: Asesmen Formatif Berbasis Komputer, Keterampilan Berpikr Tingkat Tinggi, Sistem Sirkulasi Kurikulum 2013 mengadopsi taksonomi Bloom yang telah direvisi oleh Anderson dan Krathwohl digunakan sebagai rujukan pada Standar Kompetensi Lulusan (SKL). Instrumen penilaian yang berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi diperlukan agar lulusan sesuai dengan SKL sehingga mampu mendorong siswa untuk mengembangkan kemampuan berpikirnya dan mampu mengikuti perkembangan pengetahuan dan teknologi. Proses kemajuan dan perbaikan hasil belajar siswa pada kurikulum 2013 dapat dipantau melalui asesmen. Keberhasilan proses pembelajaran yang sedang berlangsung dapat diketahui dari asesmen formatif. Berdasarkan hasil observasi, wawancara dengan guru, dan wawancara dengan siswa, asesmen formatif yang dilaksanakan belum secara optimal mengukur keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah mengembangkan dan menguji kelayakan asesmen formatif berbasis komputer pada materi sistem sirkulasi manusia di MAN 3 Malang yang dapat mengukur keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa. Penelitian dan pengembangan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu analysis, design, develop, implement, dan evaluate. Data dan hasil analisis data yang diperoleh digunakan untuk memperbaiki produk yang dikembangkan. Hasil validasi dari ahli asesmen menunjukkan bahwa produk yang dihasilkan termasuk dalam kategori valid dengan persentase 92,2%. Hasil validasi ahli materi menunjukkan bahwa produk yang dihasilkan termasuk dalam kategori sangat valid dengan persentase 97,7%. Hasil validasi ahli media menunjukkan bahwa produk yang dihasilkan termasuk dalam kategori sangat valid dengan persentase 99,2%. Rerata persentase aspek yang diperoleh adalah sebesar 96,4% yang secara teoritis dinyatakan sangat layak dan valid. Berdasarkan hasil uji coba, butir soal dianalisis untuk mengetahui reliabilitas, daya beda, tingkat kesukaran, dan efektivitas pengecoh. Hasil reliabilitas menunjukkan bahwa soal pilihan ganda dalam asesmen formatif berbasis komputer memiliki nilai reliabilitas 0,70 artinya instrumen tes soal pilihan ganda mempunyai reliabilitas yang tinggi. Persentase daya beda terbesar 52% dengan demikian asesmen formatif ini mempunyai daya beda sedang. Tingkat kesukaran 20% sedang dan 80% mudah. Analisis pengecoh menghasilkan pilihan jawaban berfungsi sebesar 48% dan kurang berfungsi sebesar 52%. Respon siswa menyatakan bahwa produk yang dihasilkan praktis

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/25224

Actions (login required)

View Item View Item