Yunanda, Intan (2018) Analisis dan rekonstruksi butir soal ujian akhir semester genap Biologi kelas X tahun pelajaran 2016/2017 di tiga SMA Kabupaten Tulungagung / Intan Yunanda. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Yunanda Intan. 2017. Analisis dan Rekonstruksi Butir Soal Ujian Akhir Semester Genap Biologi Kelas X Tahun Pelajaran 2016/2017 di Tiga SMA Kabupaten Tulungagung. Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Sunarmi M.Pd. (II) Drs. Masjhudi M.Pd. Kata Kunci analisis butir soal ujian akhir semester kabupaten tulungagung Analisis butir soal Ujian Akhir Semester Genap Biologi Kelas X di tiga SMA Kabupaten Tulungagung belum dilakukan baik secara kualitatif maupun kuantitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas butir soal yang dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif pada soal UAS Genap biologi kelas X tahun pelajaran 2016/2017 serta rekonstruksi soal untuk soal yang perlu diperbaiki dengan menelaah kriteria soal dan kesesuaian dengan validitas isi serta validitas konstruk. Objek penelitian adalah SMAN 1 Kedungwaru SMAN 1 Tulungagung dan SMA Swasta Al-Azhaar. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Analisis data secara kuantitatif meliputi tingkat kesukaran daya beda reliabilitas dan efektivitas pengecoh. Analisis data secara kualitatif meliputi validitas isi dan validitas konstruk. Soal yang telah direkonstruksi kemudian diujicobakan di SMAN 1 Kedungwaru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kesukaran soal termasuk kategori sedang pada ketiga sekolah. Daya beda soal SMAN 1 Kedungwaru kode soal A dan B adalah kurang sedangkan daya beda soal SMAN 1 Tulungagung adalah baik dan daya beda soal SMA Swasta Al-Azhaar adalah baik sekali. Efektivitas pengecoh soal SMAN 1 Kedungwaru kode soal A dan B adalah cukup ditunjukkan dengan persentase sebesar 38% dan 32% sedangkan efektivitas pengecoh SMAN 1 Tulungagung dan SMA Swasta Al-Azhaar adalah sangat baik semua pengecoh berfungsi ditunjukkan dengan persentase sebesar 42 5% dan 32 5%. Reliabilitas soal SMAN 1 Kedungwaru kode soal A menggunakan metode split half ganjil-genap adalah rendah dan awal akhir adalah sangat rendah. Reliabilitas soal SMAN 1 Kedungwaru kode soal B menggunakan metode split half ganjil-genap adalah rendah dan awal akhir adalah rendah. Reliabilitas soal SMAN 1 Tulungagung menggunakan metode split half ganjil-genap adalah cukup dan awal akhir adalah rendah. Reliabilitas soal SMA Swasta Al-Azhaar menggunakan metode split half ganjil-genap adalah tinggi dan awal akhir adalah tinggi. Validitas isi soal di SMAN 1 Kedungwaru baik kode soal A maupun B dan SMAN 1 Tulungagung 100% sesuai sedangkan pada SMA Swasta Al-Azhaar sebesar 52 5% tidak sesuai. Validitas konstruk soal di SMAN 1 Kedungwaru baik kode soal A maupun B adalah 72% sesuai validitas soal di SMAN 1 Tulungagung sebesar 63% sesuai dan validitas soal di SMA Swasta Al-Azhaar 43% sesuai. Hasil ujicoba soal rekonstruksi memiliki tingkat kesukaran sedang daya beda soal sedang efektivitas pengecoh soal cukup reliabilitas soal menggunakan metode split half ganjil-genap adalah rendah dan awal akhir adalah cukup. Hasil rekonstruksi soal dengan kategori baik dapat dimasukkan ke bank soal.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Jan 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/25223 |
Actions (login required)
View Item |