Nurlaili, Rizka (2017) Penerapan pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dipadu dengan Think Pair Square Share (TPSS) materi sistem koordinasi guna meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI MAN Tulungagung 1 / Rizka Nurlaili. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Laili Rizka Nur. 2017. Penerapan Pembelajaran Problem Base Learning (PBL) dipadu dengan Think Pair Square Share (TPSS) Materi Sistem Koordinasi Guna Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI MAN Tulungagung 1. Skripsi Jurusan Biologi Program Studi Pendididkan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra Susilowati M.S (II) Frida Kunti S. S.T M.Si. Kata Kunci problem base learning think pair square share hasil belajar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi guru dengan menggunakan pembelajaran Problem Base Learning (PBL) dipadu dengan Think Pair Square Share guna meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil observasi wawancara terhadap guru Biologi MAN Tulungagung 1 diketahui bahwa guru mengalami kesulitan dalam mengajar materi Sistem Koordinasi karena materi tersebut abstrak dan selama ini guru hanya mengandalkan metode ceramah dan pembelajaran secara berkelompok seperti biasa. Kurangnya inovasi pembelajaran mengakibatkan hasil belajar siswa kurang maksimal. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI MIA 3 MAN Tulungagung 1. Terdapat 2 siklus penelitian pada masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Analisis data berupa analisis kualitatif yang terdiri dari reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Instrumen yang digunakan adalah Silabus RPP LKPD berupa fakta-fakta yang berkaitan dengan materi Sistem Koordinasi Soal tes pada akhir setiap siklus dan catatan lapangan. Hasil Penelitian menunjukkan terdapat kenaikan hasil belajar kognitif dari ketuntasan klasikal 40 5% pada siklus I menjadi 84% pada siklus II. Hasil belajar ranah afektif mengalami peningkatan dari siklus I dengan persentase rata-rata 88 2% menjadi 95 9% pada siklus II. Hasil belajar ranah psikomotor mengalami peningkatan dari 90 5% pada siklus I menjadi 97 3% pada siklus II.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 13 Dec 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/25217 |
Actions (login required)
View Item |