Assessment for learning dalam pembelajaran discovery inquiry untuk meningkatkan kemampuan menulis ilmiah dan hasil belajar kognitif siswa kelas X-MIPA 5 SMA Negeri Pasirian / Arista Silmia - Repositori Universitas Negeri Malang

Assessment for learning dalam pembelajaran discovery inquiry untuk meningkatkan kemampuan menulis ilmiah dan hasil belajar kognitif siswa kelas X-MIPA 5 SMA Negeri Pasirian / Arista Silmia

Silmia, Arista (2017) Assessment for learning dalam pembelajaran discovery inquiry untuk meningkatkan kemampuan menulis ilmiah dan hasil belajar kognitif siswa kelas X-MIPA 5 SMA Negeri Pasirian / Arista Silmia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Silmia Arista. 2017. Assessment for Learning Dalam Pembelajaran Discovery Inquiry untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Ilmiah dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas X-MIPA 5 SMA Negeri Pasirian. Skripsi. Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hadi Suwono M. Si (II) Drs. Sulisetijono M. Si. Kata Kunci Assessment for Learning Discovery Inquiry Menulis Ilmiah dan Hasil Belajar Kognitif Dalam proses pembelajaran di kelas X MIPA 5 SMA Negeri Pasirian guru Biologi belum memberikan umpan balik mengenai tugas berupa menulis laporan ilmiah. Tugas laporan tersebut hanya sebatas dikumpulkan sehingga siswa tidak mengetahui kekuarangan dalam mengerjakan laporan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan assessment for learning dalam pembelajaran Discovery Inquiry untuk meningkatkan kemampuan menulis ilmiah dan hasil belajar kognitif siswa kelas X-MIPA 5 SMA Negeri Pasirian. Peneliti menggunakan pendekatan mixed methods yang mengintegrasikan analisis data kualitatif dan data kuantitatif. Metode kuantitatif digunakan sebagai metode primer sedangkan metode kualitatif digunakan untuk mendukung metode kuantitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 5 berjumlah 32 orang yang menempuh materi Plantae dan Animalia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan menulis ilmiah dan hasil belajar kognitif siswa. Peningkatan kemampuan menulis ilmiah siswa ditunjukkan dengan rerata nilai siswa pada setiap materi sebesar 64 59 73 31 75 90 78 78 79 53. Peningkatan hasil belajar siswa ditunjukkan dengan rerata nilai setiap materi 51 57 42 50 57 52 55 44 58 93. Pada saat pembelajaran di kelas sebaiknya guru dan peneliti lebih memperhatikan waktu pelaksanaan kegiatan pengamatan atau percobaan karena ini berpengaruh terhadap waktu yang digunakan guru dalam memberikan umpan balik mengenai tugas laporan menulis ilmiah siswa. Guru diharapkan lebih memperhatikan peningkatan hasil kemampuan menulis ilmiah siswa secara bertahap.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 11 Dec 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/25215

Actions (login required)

View Item View Item