Firdausi, M. Hilmi (2017) Pengembangan media komik aksi digital materi Virus KD (3.3) sebagai bahan ajar tambahan untuk siswa SMAN 2 Malang kelas X / M. Hilmi Firdausi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
i ABSTRAK Firdausi Muhammad Hilmi. 2016. Pengembangan Media Komik Digital Materi Virus Kd (3.3) Sebagai Bahan Ajar Tambahan Untuk Siswa SMAN 2 Malang Kelas X .Skripsi Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan IlmuPengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Triastono Imam Prasetyo M.Pd M.Pd (II) Prof Dr. Mohammad Amin S.Pd Agr Kata Kunci Media komik digital virus bahan ajar tambahan Pada pembelajaran biologi siswa membutuhkan media untuk menunjang pembelajaran dan lebih memahami konsep dalam biologi yang sulit dipahami. Media berupa textbook umumnya sangat membosankan bagi siswa sehingga media bergambar termasuk komik menjadi alternatif yang banyak dimintai siswa. Media komik ini dapat dikemas dalam bentuk digital dan diakses diluar jam pelajaran sehingga menambah ilmu yang sudah dipelajari di dalam kelas. Berdasarkan analisis kebutuhan yang dilakukan di SMAN 2 Malang media di sekolah masih kurang terutama untuk pembelajaran virus. Siswa juga sangat menggemari membaca komik maka dilakukan penelitian untuk mengembangkan media pembelajaran berupa komik bab virus untuk kelas X SMAN 2 Malang. Langkah-langkah penelitian pengembangan ini mengacu pada Model Penelitian dan Pengembangan oleh Lee Owens. Pengembangan media pembelajaran pada penelitian ini berupa sebuah komik digital yang mampu diakses melalui handphone android dan komputer kapanpun dan dimanapun. Komik bertemakan aksi dan edukasi yang berisikan materi dan teori yang sesuai untuk pembaca usia remaja di bawah 18 tahun baik dari segi gambar alur cerita dan isi materi di dalamnya. Data kuantitatif diperoleh dari pengisian angket validasi oleh validator ahli materi validator ahli media validator ahli praktisi lapangan untuk menentukan kevalidan media sedangkan validator pengguna produk untuk menentukan kepraktisan dimana semua data nantinya akan dikonversi dalam bentuk persen (%). Data kualitatif berupa saran dan komentar dari validator dan pengguna produk. Hasil pengembangan media kemudian divalidasi dan diujicobakan kepada kelompok kecil dan mendapatkan nilai validasi 91 67% dari ahli media dari ahli materi 89 94% dari praktisi lapangan 90 91% nilai kepraktisan 94 90% termasuk dalam kriteria sangat praktis.berdasarkan hasil pre-test post-test didapatkan nilai gain score ternormalisasi sebesar 0 78 atau dalam kategori tinggi. Kesimpulan keseluruhan media Komik Digital Materi virus ini layak digunakan pada pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Nov 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/25213 |
Actions (login required)
View Item |