Pengembangan lembar kegiatan siswa dengan model Jigsaw II untuk materi Sistem Imun untuk meningkatkan kerjasama dan pemahaman konsep siswa MA Al-Maarif Singosari / Evi Wulandari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan lembar kegiatan siswa dengan model Jigsaw II untuk materi Sistem Imun untuk meningkatkan kerjasama dan pemahaman konsep siswa MA Al-Maarif Singosari / Evi Wulandari

Wulandari, Evi (2017) Pengembangan lembar kegiatan siswa dengan model Jigsaw II untuk materi Sistem Imun untuk meningkatkan kerjasama dan pemahaman konsep siswa MA Al-Maarif Singosari / Evi Wulandari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Wulandari Evi. 2017. Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa dengan Model Jigsaw II untuk Materi Sistem Imun untuk Meningkatkan Kerjasama dan Pemahaman Konsep Siswa MA Al-Maarif Singosari. Skripsi Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Murni Saptasari M.Si (II) Siti Imroatul Maslikah S.Si M.Si. Kata kunci lembar kegiatan siswa jigsaw II kerjasama pemahaman konsep sistem imun Penelitian bertujuan untuk mengembangkan LKS dengan model pembelajaran kooperatif Jigsaw II yang dapat meningkatkan kerjasama dan pemahaman konsep siswa. Hasil Observasi di MA Al-Maarif Singosari menunjukkan bahwa pembelajaran Biologi masih teacher-centered sehingga siswa belum dapat memberdayakan sikap kerjasama dan pemahaman konsep yang baik. Selain itu lembar kegiatan siswa (LKS) yang digunakan merupakan LKS dari penerbit yang belum mengacu pada Kurikulum 2013. LKS hanya berisi pertanyaan pilihan ganda sehingga tidak dapat menghasilkan proses belajar yang dapat mengaktifkan siswa. Pengembangan LKS merujuk pada model ADDIE yaitu Analyze Design Developtment Implementation dan Evaluation. Tahap analisis meliputi analisis kurikulum karakter siswa materi dan tujuan pembelajaran. Tahap design meliputi penyusunan materi dan rancangan awal produk. Tahap development meliputi penyusunan silabus RPP LKS serta validasi perangkat. Tahap implementation merupakan tahap penerapan LKS untuk mengetahui kepraktisan dan keefektifan LKS sedangkan tahap evaluation merupakan tahap evaluasi pengembangan yang dilaksanakan dalam bentuk evaluasi formatif dan evaluasi sumatif. Hasil validasi LKS oleh ahli perangkat pembelajaran dan praktisi lapangan menunjukkan persentase rata-rata 92 7% dan validator ahli materi dengan persentase 85 83% keduanya memiliki kriteria valid. Kepraktisan LKS memperoleh persentase 83 2% dengan kriteria praktis. KBK mencapai persentase 89% pemahaman konsep siswa meningkat dengan gain score 0 5 dan sikap kerjasama siswa meningkat dengan gain score 0 4. Ketuntasan klasikal peningkatan pemahaman konsep dan kerjasama menunjukkan bahwa LKS efektif. SUMMARY Wulandari Evi. 2017. The Developtment of Student Worksheet with Jigsaw II Model on Immune System Learning to Increase Cooperation and Student Concept Comprehension of MA Al-Maarif Singosari. Skripsi Biology Department Mathematics and Natural Sciences Faculty. State University of Malang. Advisors (I) Dr. Murni Saptasari M.Si (II) Siti Imroatul Maslikah S.Si M.Si. Key word student worksheet Jigsaw II cooperation concept comprehension immune system This research is conducted to developt a worksheet with cooperative learning Jigsaw II to increase student s cooperation and concept comprehension. The observation result in MA Al-Maarif Singosari shows that Biology learning process is teacher-centered so the students haven t developted good cooperation and concept comprehension yet. Moreover the student s worksheet is bought from publisher of which content is not refer to Curriculum 2013. The worksheet can t build a learning process that able to activate the students. The development of worksheet is refer to ADDIE model Analyze Design Developtment Implementation and Evaluation. Analyze stage include analyze of curriculum student s character material and the goal of learning. Development stage include arrange the material and prototype of product. Development stage include arrange the silaby lesson plan worksheet and validation. Implementation stage is a stage of worksheet s application in the school to measure practicability and effectiveness of the product. Evaluation stage is an evaluation which is done in two ways they are formatif and sumatif evaluation. The validation result from learning expert and teacher show the average of percentage 92.7% and from material expert 85.83% both are valid. The percentage of KBK (Ketuntasan Belajar Klasikal/Classical Learning Completeness) obtain percentage 89%. The practicability of worksheet obtain percentage 83.2% the criteria is practical. The student s concept comprehension increase with gain score 0.5 and the cooperation increase with gain score 0.4. KBK the increase of concept comprehension and cooperation show that the worksheet is effective.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/25211

Actions (login required)

View Item View Item