Penerapan PBL dengan mind map untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Malang pada materi ekosistem dan pencemaran lingkungan / Elsa Widhi Ratmasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan PBL dengan mind map untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Malang pada materi ekosistem dan pencemaran lingkungan / Elsa Widhi Ratmasari

Ratmasari, Elsa Widhi (2017) Penerapan PBL dengan mind map untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Malang pada materi ekosistem dan pencemaran lingkungan / Elsa Widhi Ratmasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ratmasari Elsa Widhi. 2017. Penerapan PBL dengan Mind Map untuk Meningkatkan Kemampuan Bepikir Kritis dan Kreatif Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 1 Malang Pada Materi Ekosistem dan Pencemaran Lingkungan. Skripsi Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Amy Tenzer M.S. (II) Frida Kunti Setiowati S.T M.Si. Kata Kunci PBL Problem Based Learning mind map kemampuan berpikir kritis kemampuan berpikir kreatif. Salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh siswa pada abad 21 adalah kemampuan berpikir kritis dan kreatif yang berguna untuk memecahkan masalah yang ada di sekitarnya. Hasil observasi dari pembelajaran Biologi kelas X SMA Muhammadiyah 1 Malang menunjukan bahwa kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa kurang maksimal terlihat dari belum mampunya siswa dalam membuat rumusan masalah dan menganalisis data dari suatu permasalahan gagasan pemecahan masalah yang diberikan adalah gagasan yang umum bukan sesuatu yang baru. Model pembelajaran PBL dengan mind map yang menyajikan permasalahan nyata tentang ekosistem dan pencemaran lingkungan yang berdampak pada masyarakat dan lingkungan sekitar diharapkan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan PBL dengan mind map meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus masing-masing terdiri dari 4 tahap yakni (1) perencanaan (2) pelaksanaan tindakan (3) observasi dan (4) refleksi. Pelaksanaan tindakan siklus II sesuai dengan hasil refleksi siklus pelaksanaan tindakan siklus I. Instrumen penelitian ini berupa lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran model pembelajaran PBL catatan lapangan dan soal tes kemampuan berpikir kritis dan kreatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan PBL dengan mind map dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa. Kemampuan berpikir kritis ditingkatkan melalui pemberian Lembar Kegiatan Siswa yang mengacu pada indikator kemampuan berpikir kritis yaitu membuat rumusan masalah membuat dan pertanyaan menganalisis membuat dan menilai induksi membuat dan menilai definisi. Peningkatan kemampuan berpikir kritis dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata siswa dari 51 9% dengan kategori sangat kurang pada siklus I menjadi 69 7% dengan kategori cukup pada siklus II. Kemampuan berpikir kreatif ditingkatkan melalui pembuatan mind map yang berisi gagasan pemecahan masalah. Peningkatan kemampuan berpikir kreatif dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata siswa dari 41 8% dengan kategori sangat kurang pada siklus I menjadi 76 7% dengan kategori baik pada siklus II. Saran untuk penelitian selanjutnya sebaiknya guru menyajikan masalah yang lebih autentik dan dapat diamati secara langsung oleh siswa sehingga lebih melatih kemampuan siswa dalam memecahkan masalah. Sebaiknya siswa dilatih terlebih dahulu dalam membuat mind map. Guru harus terus melatih kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa dengan memberikan suatu permasalahan nyata sehingga siswa dapat menemukan gagasan pemecahan masalah yang tepat. ABSTRACT Ratmasari Elsa Widhi. 2017. The Implementation of PBL with Mind Map to Improve Critical and Creative Thinking Skills of the 10th Grade Students of SMA Muhammadiyah 1 Malang. Skripsi Department of Biology Faculty of Mathematics and Natural Sciences State University of Malang. Advisor (1) Dra. Amy Tenzer M.S. (II) Frida Kunti Setiowati S.T M.Si. Keywords PBL Problem Based Learning mind map critical thinking skills creativ thinking skills. One of the skills that must be have by humans in the 21st century is a critical and creativ skills to useful to solve the problem that exist araound him. The result of observation from the learning of Biology class X SMA Muhammadiyah 1 Malang showed that the ability of critical and creative thinking of students is not maximal it can be seen from the not yet capable of students in making problem formulation and analyze data from a problem the idea of problem solving given is general idea not something new. Learning models of PBL with mind mapping technique that presents real issues about ecosystems and enviromental changes that impact on society and the enviroment expected can improve critical thinking skills. Related to that hence this research to improve critical thinking and creative thinking skills student of class X SMA Muhammadiyah 1 Malang. The purpose of this research is to find out how the application of PBL with mind map improves students critical and creative thinking ability. This research includes Classroom Action Research (PTK) conducted in 2 cycles each consisting of 4 stages (1) planning (2) action implementation (3) observation and (4) reflection. Implementation of action cycle II in accordance with the results of reflection cycle of the implementation of action cycle I. Instrument of this study in the form of observation sheet implementation of learning model PBL learning field notes and test questions critical thinking skills and creative. The results showed that the application of PBL with mind map can improve students critical and creative thinking ability. Critical thinking skills are enhanced through the provision of Student Activity Sheet which refers to the indicator of critical thinking ability that is making problem formulation creating and questioning analyzing making and assessing induction creating and assessing definitions. Improvement of critical thinking ability can be seen from the improvement of the average score of students from 51.9% with very less category in cycle I to 69 7% with enough category in cycle II. The ability to think creatively is enhanced through the creation of a mind map that contains the idea of problem solving. Improvement of creative thinking ability can be seen from the increase of the average score of students from 41.8% with very less category in cycle I to 76 7% with good category in cycle II. Suggestions for further research should teachers present more authentic problems and can be observed directly by students so as to better train students skills in solving problems. Students should be trained first in making a mind map. Teachers should continue to train students critical and creative thinking skills by providing a real problem so that students can find the right troubleshooting ideas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/25210

Actions (login required)

View Item View Item