Pengaruh model pembelajaran biologi berbasis reading concept map reciprocal teaching dan gender terhadap hasil belajar kognitif dan keterampilan berpikir kreatif siswa kelas X SMA Negeri 7 Malang / Santy Faiqotul Himmah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran biologi berbasis reading concept map reciprocal teaching dan gender terhadap hasil belajar kognitif dan keterampilan berpikir kreatif siswa kelas X SMA Negeri 7 Malang / Santy Faiqotul Himmah

Himmah, Santy Faiqotul (2017) Pengaruh model pembelajaran biologi berbasis reading concept map reciprocal teaching dan gender terhadap hasil belajar kognitif dan keterampilan berpikir kreatif siswa kelas X SMA Negeri 7 Malang / Santy Faiqotul Himmah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Himmah Santy Faiqotul. 2017. Pengaruh Pembelajaran Biologi Berbasis Reading Concept Map Reciprocal Teaching dan Gender terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Kelas X SMA Negeri 7 Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Biologi Sarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Susriyati Mahanal M.Pd (2) Prof. Dr. Siti Zubaidah M.Pd Kata Kunci Reading Concept Map Reciprocal Teaching Gender Hasil Belajar Kognitif Keterampilan Berpikir Kreatif Generasi bangsa harus dididik agar memiliki pengetahuan tinggi dan kecakapan hidup pada abad 21 yang meliputi berpikir kritis pemecahan masalah berpikir kreatif dan inovatif metakognisi berkolaborasi dan memiliki multiple literacy. Fakta yang ada di lapangan menunjukkan bahwa hasil belajar yang diperoleh siswa masih tergolong rendah karena banyak sekolah yang belum memberdayakan kecakapan hidup abad 21 khususnya keterampilan berpikir kreatif. Terlepas dari rendahnya hasil belajar akibat dari kurangnya pemberdayaan keterampilan berpikir kreatif terdapat masalah yang seringkali diabaikan yaitu gender. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan memilih strategi pembelajaran yang tepat. Salah satu strategi yang dapat digunakan adalah Reading Concept Map Reciprocal Teaching (Remap RT). Remap RT merupakan salah satu strategi yang mampu memberdayakan keterampilan berpikir kreatif baik pada laki-laki maupun perempuan. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui 1) pengaruh model Pembelajaran Reading Concept Map-Reciprocal Teaching terhadap peningkatan terhadap hasil belajar kognitif dan keterampilan berpikir kreatif siswa kelas X SMA Negeri 7 Malang 2) pengaruh Gender terhadap peningkatan hasil belajar kognitif dan keterampilan berpikir kreatif siswa kelas X SMA Negeri 7 Malang 3) interaksi antara model Pembelajaran Reading Concept Map-Reciprocal Teaching dan Gender terhadap terhadap hasil belajar kognitif dan keterampilan berpikir kreatif siswa kelas X SMA Negeri 7 Malang Rancangan penelitian yang digunakan ialah quasi eksperimen dengan pretest posttest nonequivalent group design. Populasi penelitian ialah siswa kelas X MIPA di SMAN 7 Malang dengan sampel penelitian adalah siswa kelas X MIPA 5 sebagai kelas perlakuan dan kelas X MIPA 1 sebagai kelas kontrol. Data diambil pada saat pretest dan posttest. Instrumen tes terlebih dahulu diuji validitas dan reliabilitas. Uji hipotesis menggunakan anakova dengan taraf signifikansi 0 05 ( 945 0 05) Sebelum uji hipotesis dilakukan uji prasyarat dengan uji normalitas data dengan uji Kolmogorov-Smirnov dan uji homogenitas data dengan Levene test. Hasil penelitian menunjukkan 1) ada perbedaan keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar kognitif siswa kelas X SMA Negeri 7 Malang yang dibelajarkan dengen model pembelajaran Remap RT dan konvensional. Pada model pembelajaran Remap RT rerata terkoreksi keterampilan berpikir kreatif lebih tinggi sebesar 153 7 % dari pembelajaran konvensional dan rerata terkoreksi hasil belajar kognitif lebih tinggi sebesar 148 8 % dari pembelajaran konvensional 2) tidak ada pengaruh gender terhadap peningkatan keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 7 Malang. Pencapaian keterampilan berpikir kratif dan hasil belajar siswa perempuan maupun siswa laki-laki adalah sama. Rata-rata skor terkoreksi keterampilan berpikir kreatif pada siswa laki-laki sebesar 54 7 dan siswa perempuan sebesar 57 2. Rata-rata skor terkoreksi hasil belajar kognitif pada siswa laki-laki sebesar 67 8 dan siswa perempuan sebesar 68 8 3) tidak ada interaksi antara gender dengan strategi pembelajaran Remap-RT terhadap peningkatan keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 7 Malang. Berdasarkan hasil penelitian disarankan pada guru atau peneliti selanjutnya lama satu siklus pembelajaran pada dua kelas yang terlibat dalam penelitian sebaiknya dikontrol sama meski alokasi waktu pembelajaran yang disediakan sekolah berbeda-beda dan guru harus bisa mengatur jadwal dengan baik terlebih jika banyak kegiatan dari pihak sekolah agar pembelajaran dapat berlangsung dengan baik serta guru harus bisa membiasakan siswa untuk lebih banyak membaca agar sintaks pembelajaran dapat terlaksana lebih baik. ABSTRACT Himmah Santy Faiqotul. 2017. The Effect of Biology Learning Model Based on Reading Concept Map Reciprocal Teaching and Gender Differences on Cognitive Learning Outcomes and Creative Thinking Skills of The Students off Grade X Senior High School 9 Malang. Unpublish Thesis. Study Program of Biology Education. Undergraduated Program on State University of Malang. Advisors (1) Dr. Susriyati Mahanal M.Pd (2) Prof. Dr. Siti Zubaidah M.Pd Key Word Reading Concept Map Reciprocal Teaching Gender Cognitive Learning Outcomes Creative Thinking Skills The genetation of this nation must have high knowladge and skills in the 21st century like critical thingking problem solving creative thinking and innovative metacognitive skills colaboration skills and reading literacy. On the fact showed that learnong outcomes still low because there are many school did not develop 21st century skills in learning process yet especially creative thinking skills. Regardless of the lack of empowerment of cognitive learning outcomes and creative thinking skills there are big problem in the world of education that is gender. The effort we have do is choose the correct learning model. The one of that model is Reading Concept Map Reciprocal Teaching (Remap RT). Remap RT is model capable of empowering cognitive learning outcomes and creative thinking skills in boys and girls. The purpose of this study is to know 1) the influence of Reading Concept Map-Reciprocal Teaching on improvement of cognitive learning outcomes and creative thinking skills at grade X students in Senior High School 7 Malang 2) the influence of gender differences on the improvement of cognitive learning outcomes and creative thinking skills at grade X students in Senior High School 7 Malang 3) the interaction between beetwen learning models dan gender of creative thingking skills and cognitive learning outcomes at grade X students in Senior High School 7 Malang. The design of research is quasi experiment with pretest posttest nonequivalent group design. The population of research is the students of grade X in Senior High School 7 Malang with sample of this research is the students of grade X MIPA 5 as the experiment class and X MIPA 1 as the contol class in SMAN 9 Malang. Data is taken during pretest and posttest. The first test instrument is tested for validity and reliability. Hypothesis test using anakova with significance level 0 05 ( 945

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/25209

Actions (login required)

View Item View Item