Purwaningsih, Indah (2017) Pengaruh model pembelajaran biologi berbasis REMAP-NHT (Reading Concept Map-Numbered Heads Together) dan gender terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa kelas X di SMA Negeri 10 Malang / Indah Purwaningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Purwaningsih Indah. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Biologi Berbasis Remap-NHT (Reading Concept Map Numbered Heads Together) dan Gender Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas X SMAN 10 Malang. Skripsi Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. SusriyatiMahanal M.Pd. (II) Drs. Triastono Imam Prasetyo M.Pd. Kata Kunci Remap-NHT gender keterampilan berpikir kritis hasil belajarkogntif. Berpikir kritis merupakan salah satu tujuan penting dalam pendidikan diabad 21. Hasil tes PISA pada tahun 2015 menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis Indonesia masih rendah. Berdasarkan hasil tersebut Indonesia menduduki peringkat ke-69 dari 76 negara yang disurvei. Salah satu penyebab rendahnya keterampilan berpikir kritis yaitu kurangnya minat baca dikalangan masyarakat Indonesia. Di sisi lain gender juga dianggap sebagai salah satu faktor yang dapat mempengaruhi keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh model pembelajaran biologi berbasis Remap NHT terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa siswa kelas X SMAN 10 Malang (2) mengetahui pengaruh gender terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa kelas X SMAN 10 Malang (3) mengetahui interaksi model pembelajaran Remap NHT dan gender terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa kelas X SMAN 10 Malang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian quasi eksperimental design. Bentuk desain quasi eksperimen yang digunakan yaitu nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA SMA Negeri Kota Malang. Sedangkan sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas X MIPA-G SMAN 10 Malang sebagai kelas ekperimen dan kelas X MIPA-F SMAN 10 Malang sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel dipilih menggunakan teknik randem sampling.Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan uji statistik Anakova. Hasil penelitian ini menyebutkan bahwa (1) ada pengaruh model pembelajaran dan gender terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa (2) ada pengaruh gender terhadap keterampilan berpikir kritis siswa dan tidak ada pengaruh gender terhadap hasil belajar kognitif siswa (3) tidak ada pengaruh interaksi model pembelajaran Remap NHT dan gender terhadap keterampilan berpikir kritis siswa dan ada interaksi model pembelajaran Remap NHT dan genderterhadap hasil belajar kognitif siswa. ABSTRACT Purwaningsih Indah. 2017. The effect of Remap-NHT (Reading Concept Map Numbered Heads Together) and Gender Of Critical Thinking Skills and Learning Outcomes of student of 10th Class Public Senior High School 10 Malang.Thesis Department of Biology FMIPA State University of Malang.Advisors (I) Dr. Susriyati Mahanal M. Pd. (II) Drs. Triastono Imam Prasetyo M.Pd. Keywords Remap-NHT gender critical thinking skills learning outcomes Cognitive. Critical thinking is one of the important goals in education in the 21st century. PISA test results in 2015 show that Indonesia s critical thinking skills are still low. Based on these results Indonesia was ranked 69th of 76 countries surveyed. One of the causes of low critical thinking skills is the lack of reading interest among Indonesians. On the other hand gender is also regarded as one of the factors that can influence critical thinking skills and student learning outcomes. This research aims to (1) to know the influence of NHT Remote-based biology learning model on critical thinking skill and cognitive learning outcomes of students of grade 10th SMAN 10 Malang (2) to know the gender influence to critical thinking skill and cognitive learning result of grade 10th SMAN 10 Malang (3) to know the interaction of learning model of NHT Remap and gender to critical thinking skill and cognitive learning result of grade10th SMAN 10 Malang. This research uses quasi experimental design method. The design of quasi experiments used is nonequivalent control group design. The population in this study is all students of grade 10th MIPA SMA Negeri Malang. While the sample of this study consists of two classes of grade 10th MIPA-G SMAN 10 Malang as experimental class and grade 10th MIPA-F SMAN 10 Malang as a control class. Sampling was chosen using randem sampling technique. Data analysis technique used descriptive analysis and statistical test of Anakova. The results of this study indicate that (1) there is influence of learning and gender model to critical thinking skill and cognitive learning outcomes of students (2) there is gender influence to students critical thinking skill and nothing gender effect to student cognitive learning result (3) There is nothing interaction influence of Remap NHT model and gender to students critical thinking skill and there is interaction of learning model of Remap NHT and gender to student s cognitive learning outcomes.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 Oct 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/25208 |
Actions (login required)
View Item |