Mufida, Rina Hidayatul (2017) Pengaruh model pembelajaran biologi berbasis Reading Concept Map-Student Team Achievement Division (REMAPSTAT) pada kemampuan akademik berbeda terhadap keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar kognitif siswa kelas X MIA SMA / Rina Hidayatul Mufida. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Mufida R.H. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Biologi Berbasis Reading Concept Map-Student Team Achievement Division (REMAP-STAD) Pada Kemampuan Akademik Berbeda Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas X MIA SMA. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Susriyati Mahanal M.Pd. (II) Prof. Dr. Siti Zubaidah M.Pd Kata Kunci REMAP-STAD kemampuan akademik berbeda keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar kognitif Keterampilan berpikir kreatif merupakan salah satu kecakapan berpikir abad 21 yang harus dimiliki siswa agar mampu menjadi sumber daya manusia yang berkualitas dan mampu beradaptasi dengan berbagai tuntutan yang juga mempengaruhi hasil belajar kognitif siswa. Oleh karena itu keterampilan berpikir kreatif perlu diberdayakan melalui pembelajaran khususnya bagi siswa berkemampuan akademik tinggi dan siswa berkemampuan akademik rendah. Salah satu pembelajaran yang berpotensi memberdayakan keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar kognitif pada siswa berkemampuan akademik berbeda adalah pembelajaran biologi berbasis Reading Concept Map-Student Team Achievement Division (Remap-STAD). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) pengaruh model pembelajaran Remap-STAD terhadap keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar kognitif siswa 2) pengaruh kemampuan akademik terhadap keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar kognitif siswa dan 3) interaksi model pembelajaran dan kemampuan akademik terhadap keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar kognitif siswa kelas X MIA SMA. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain Pretest-Posttest Nonequivalent Control Grup Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X MIA SMA Negeri 6 Malang dan SMA Negeri 10 Malang tahun pelajaran 2016/2017. Sampel penelitian adalah siswa kelas X MIPA E dan X MIPA F SMA Negeri 10 Malang serta siswa kelas X MIA 1 dan X MIA 3 SMA Negeri 6 Malang. Data keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar kognitif diperoleh dari hasil pretest dan posttest yang dianalisis menggunakan Anakova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) ada pengaruh pembelajaran Remap-STAD terhadap keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar kognitif siswa. Rata-rata skor terkoreksi keterampilan berpikir kreatif siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran biologi berbasis Remap-STAD lebih tinggi 40 02% daripada pembelajaran konvensional. Rata-rata skor terkoreksi hasil belajar kognitif siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran biologi berbasis Remap-STAD lebih tinggi 23 58% daripada pembelajaran konvensional. 2) Ada pengaruh kemampuan akademik terhadap keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa. Rata-rata skor terkoreksi keterampilan berpikir kreatif siswa berkemampuan akademik tinggi lebih tinggi 11 87% daripada siswa berkemampuan akademik rendah. Rata-rata skor terkoreksi hasil belajar kognitif siswa berkemampuan akademik tinggi lebih tinggi 11 53% daripada siswa berkemampuan akademik rendah. 3) Tidak ada pengaruh interaksi model pembelajaran dan kemampuan akademik terhadap keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian saran yang dapat diajukan adalah guru dapat menerapkan pembelajaran biologi berbasis remap-STAD agar dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar kognitif siswa berkemampuan akademik berbeda.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Oct 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/25205 |
Actions (login required)
View Item |