Pengembangan perangkat pembelajaran biologi berbasis model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan haasil belajar kognitif siswa kelas XI SMA Brawijaya Smart School Malang / Zulfindira Septri Ruudevi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran biologi berbasis model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan haasil belajar kognitif siswa kelas XI SMA Brawijaya Smart School Malang / Zulfindira Septri Ruudevi

Ruudevi, Zulfindira Septri (2017) Pengembangan perangkat pembelajaran biologi berbasis model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan haasil belajar kognitif siswa kelas XI SMA Brawijaya Smart School Malang / Zulfindira Septri Ruudevi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ruudevi Zulfindira Septri. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Berbasis Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas XI SMA Brawijaya Smart School Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dra. Herawati Susilo M.Sc. Ph.D. (II) Dr. Umie Lestari M.Si. Kata Kunci perangkat pembelajaran model PBL kemampuan berpikir kritis hasil belajar kognitif Proses pembelajaran pada Kurikulum 2013 harus dapat mendorong dan menginspirasi siswa untuk berpikir kritis dalam memecahkan masalah. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara terhadap guru Biologi kelas XI SMA Brawijaya Smart School diketahui bahwa perangkat pembelajaran yang digunakan belum memberdayakan siswa untuk melatih kemampuan berpikir kritis. Perangkat pembelajaran tersebut terbatas pada tingkat kognitif C1 C2 dan C3. Hal ini ditunjukkan dengan kemampuan berpikir kritis siswa yang masih rendah dan sebanyak 72% siswa mendapatkan nilai di bawah KKM. Hal tersebut didukung oleh hasil angket kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI MIA 4 dengan rata-rata sebesar 19 4%. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran yaitu silabus RPP dan LKS berbasis model PBL yang tervalidasi teruji keefektifan dan kepraktisannya dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg Galll yang dibatasi sampai tahap 7 terdiri dari tahap pengumpulan informasi penelitian perencanaan pengembangan produk awal uji coba lapangan tahap awal revisi produk awal uji coba lapangan utama revisi produk utama. Uji coba lapangan tahap awal berupa validasi perangkat pembelajaran oleh validator ahli perangkat pembelajaran ahli materi dan ahli praktisi lapangan. Uji coba lapangan utama dilakukan terhadap 25 siswa SMA BSS semester II tahun ajaran 2016/2017. Hasil uji coba lapangan tahap awal menunjukkan skor rata-rata 3 90 (silabus) 3 91 (RPP Sistem Reproduksi dan Sistem Pertahanan Tubuh) 3 79 (LKS Sistem Reproduksi) dan 3 89 (LKS Sistem Pertahanan Tubuh) yang secara keseluruhan termasuk kriteria sangat valid. Hasil pretes-postes kemampuan berpikir kritis siswa diperoleh tingkat gain sebesar 0 64 yang menunjukkan kemampuan berpikir kritis siswa termasuk kriteria sedang. Hasil belajar klasikal sebesar 92% (materi Sistem Reproduksi) dan 100% (Sistem Pertahanan Tubuh) sehingga perangkat pembelajaran berbasis model PBL yang dikembangkan valid efektif serta praktis untuk digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 19 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/25204

Actions (login required)

View Item View Item