Putri, Rosita Buana (2017) Pengaruh model pembelajaran biologi berbasis reading concept map-think pair share pada kemampuan akademik berbeda terhadap keterampilan metakognitif dan hasil belajar kognitif siswa kelas X MIPA SMA / Rosita Buana Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Putri R B. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Biologi Berbasis Reading Concept Map-Think Pair Share pada Kemampuan Akademik Berbeda terhadap Keterampilan Metakognitif dan Hasil Belajar Siswa Kelas X MIPA SMA. Skripsi Program Studi Pendidikan Biologi Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Susriyati Mahanal M.Pd. (II) Prof. Dr. Siti Zubaidah M.Pd. Kata Kunci Remap-TPS kemampuan akademik keterampilan metakognitif hasil belajar kognitif. Tujuan pembelajaran tidak hanya untuk memberikan pengetahuan pada siswa tetapi juga untuk membantu mereka agar dapat mengontrol proses belajar mereka sendiri. Keterampilan untuk bisa mengontrol proses belajar siswa disebut dengan keterampilan metakognitif. Beberapa penyebab rendahnya keterampilan metakognitif di Indonesia adalah terlalu dominannya guru di sekolah sebagai sumber informasi atau ilmu dan sistem penilaian prestasi siswa yang lebih banyak didasarkan melalui tes-tes yang sifatnya menguji kemampuan kognitif rendah. Kurniawati dkk (2015) menyatakan hasil tes keterampilan metakognitif siswa di SMAN Batu menunjukkan sebesar 65% siswa termasuk can not really artinya keterampilan metakognitif di SMAN Batu masih perlu ditingkatkan. Disisi lain kemampuan akademik juga menjadi faktor yang mempengaruhi keterampilan metakognitif dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh model pembelajaran biologi berbasis Remap TPS terhadap keterampilan metakognitif dan hasil belajar siswa (2) mengetahui pengaruh kemampuan akademik terhadap keterampilan metakognitif dan hasil belajar siswa kelas (3) mengetahui pengaruh interaksi model pembelajaran Remap TPS dan kemampuan akademik terhadap keterampilan metakognitif dan hasil belajar kognitif siswa kelas X MIPA. Penelitian ini menggunakan metode penelitian quasi eksperimental design. Bentuk desain quasi eksperimen yang digunakan adalah pretest posttest non equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas X MIPA SMAN 6 Malang dan SMAN 2 Malang. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 4 (eksperimen) dan X MIPA 5 (kontrol) SMA Negeri 2 Malang dan siswa kelas X MIPA 2 (eksperimen) dan X MIPA 3 (kontrol) SMA Negeri 6 Malang. Pengambilan sampel dipilih menggunakan uji kesetaraan berdasarkan nilai UN SMP pada saat PSB. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan uji statistik Anakova. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh model pembelajaran Remap TPS terhadap keterampilan metakognitif dan hasil belajar siswa (2) tidak ada pengaruh kemampuan akademik terhadap keterampilan metakognitif dan hasil belajar siswa (3) tidak ada pengaruh interaksi model pembelajaran Remap TPS dan kemampuan akademik terhadap keterampilan metakognitif dan ada pengaruh interaksi model pembelajaran Remap TPS dan kemampuan akademik terhadap hasil belajar kognitif siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Oct 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/25203 |
Actions (login required)
View Item |