Pengembangan perangkat pembelajaran inkuiri berbasis tambak air tawar untuk meningkatkan pemahaman konsep, keterampilan proses sains dan sikap peduli lingkungan siswa / Vilda Rima Aulia Zahroh - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran inkuiri berbasis tambak air tawar untuk meningkatkan pemahaman konsep, keterampilan proses sains dan sikap peduli lingkungan siswa / Vilda Rima Aulia Zahroh

Zahroh, Vilda Rima Aulia (2017) Pengembangan perangkat pembelajaran inkuiri berbasis tambak air tawar untuk meningkatkan pemahaman konsep, keterampilan proses sains dan sikap peduli lingkungan siswa / Vilda Rima Aulia Zahroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Zahroh Vilda Rima Aulia. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Inkuiri Berbasis Tambak Air Tawar untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Keterampilan Proses Sains dan Sikap Peduli Lingkungan Siswa. Skripsi Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Ibrohim M.Si (II) Dr. Sueb M.Kes. Kata Kunci perangkat pembelajaran inkuiri berbasis tambak air tawar pemahaman konsep keterampilan proses sains sikap peduli lingkungan Pembelajaran IPA materi ekosistem di MTs N 2 Lamongan belum dikembangkan dengan perencanaan pembelajaran menggunakan sumber belajar potensi lokal yang ada yakni tambak air tawar. Perangkat pembelajaran yang disusun belum diarahkan berdasarkan karakteristik materi ajar dan siswa sehingga belum mampu mengembangkan pemahaman konsep keterampilan proses sains dan sikap peduli lingkungan siswa. Salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut ialah dengan menyusun perangkat pembelajaran sesuai dengan karakteristik yang ada. Penelitian oleh Ibrohim (2015) menyimpulkan bahwa melalui pembelajaran yang memanfaatkan sumber belajar atau bahan ajar yang diambil dari konteks lingkungan sekitar atau potensi lokal yang erat dengan kehidupan siswa akan menjadikan pembelajaran siswa menjadi lebih bermakna. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan produk berupa perangkat pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis tambak air tawar yang memenuhi kriteria valid praktis dan efektif. Metode penelitian yang digunakan merupakan penelitian pengembangan yakni model 4D oleh Thiagarajan (1974) namun penelitian ini dibatasi sampai pada tahap Disseminate sub tahap summative evaluation. Validasi dilakukan oleh validator ahli desain perangkat pembelajaran ahli materi dan praktisi lapangan. Sedangkan uji pengembangan meliputi uji kelompok kecil dan uji kelompok utama untuk mengetahui keefektivan perangkat pembelajaran. Hasil uji kevalidan terhadap silabus RPP LKS hand-out dan instrumen penilaian berturut-turut sebesar 98 83% 96 53% 97 08% 93 22% dan 86 6% sehingga keseluruhan perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria sangat valid. Kepraktisan perangkat menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran sangat praktis untuk digunakan berdasarkan angket keterbacaan LKS dan hand-out serta keterlaksanaan pembelajaran didapat rerata skor berturut-turut sebesar 89 11% 85 78% dan 92 25%. Uji keefektifan perangkat pembelajaran menggunakan Quade s rank analysis of covariance karena data yang diperoleh tidak normal dan tidak homogen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai p 945 ( 945 0 05) yang berarti bahwa ada perbedaan pemahaman konsep keterampilan proses sains dan sikap peduli lingkungan antara siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran inkuiri berbasis tambak dengan siswa yang menggunakan pembelajaran model kooperatif. Saran pengembangan lebih lanjut yakni perlu mengembangkan lagi perangkat pembelajaran dengan potensi lokal daerah yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/25200

Actions (login required)

View Item View Item