Hamidah, Zubhatul (2017) Pengaruh Problem Based Learning (PBL) berbasis quantum teacing pada materi Pencemaran lingkungan terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar kognitif siswa kelas X MA An-Namirah Tanah Merah Bangkalan / Zubhatul Hamidahr. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Hamidah Zubhatul. 2017. Pengaruh Problem Based Learning Berbasis Quantum Teaching pada Materi Pencemaran Lingkungan terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas X MA An-Namirah Tanah Merah Bangkalan. Skripsi. Prodi Pendidikan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Susilowati M.S. (II) Frida Kunti Setiowati S.T M.Si Kata kunci PBL berbasis Quantum Teaching kemampuan berpikir kreatif hasil belajar Pembelajaran Biologi di sekolah menengah diharapkan dapat menjadi wahana bagi siswa untuk mempelajari diri sendiri dan alam sekitar serta proses pengembangan lebih lanjut dalam penerapannya di kehidupan sehari-hari. Pembelajaran Biologi di kelas X MA An-Namirah masih menggunakan metode pembelajaran yang sederhana rasa ingin tahu siswa dan kemampuan berpikir kreatif siswa yang masih kurang serta hasil belajar siswa yang masih rendah. Berdasarkan hasil observasi model STAD yang kurang menonjolkan kemampuan berpikir kreatif siswa berakibat terhadap rendahnya hasil belajar kognitif siswa. Oleh karena itu diperlukan sebuah inovasi pembelajaran dari guru yang dapat menjadikan pembelajaran lebih bermakna. Salah satunya dengan model pembelajaran PBL berbasis Quantum Teaching. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) pengaruh PBL berbasis Quantum Teaching pada materi pencemaran lingkungan terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas X MA An-Namirah Tanah Merah 2) pengaruh PBL berbasis Quantum Teaching pada materi pencemaran lingkungan terhadap hasil belajar siswa kelas X MA An-Namirah Tanah Merah. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan pretest-posttest nonequivalent control group design. Variable bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar kognitif. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X MIPA MA-An-Namirah semester genap tahun pelajaran 2016/2017 yang terdiri dari 2 kelas rombongan belajar. Teknik sampel yang digunakan adalah sampel jenuh yaitu secara keseluruhan jumlah populasi diambil dan dijadikan sampel. Sampel penelitian adalah siswa dikelas X MIPA 1sebagai kelompok eksperimen yang dibelajarkan dengan pembelajaran PBL berbasis Quantum Teaching dan kelas X MIPA 2 sebagai kelompok kontrol yang dibelajarkan dengan pembelajaran STAD. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh PBL berbasis Quantum Teaching pada materi pencemaran lingkungan terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa kelas X MA An-Namirah Tanah Merah Bangkalan. ABSTRACT Hamidah Zubhatul. 2017. The Influence of Problem Based Learning which is Quantum Teaching-based on the Environment Pollution Material towards Students Creative Thinking Skills and Cognitive Learning Results for the X Grade of MA An-Namirah Tanah Merah Bangkalan. Sarjana s Thesis. Study Program of Biology Education Faculty of Mathematics and Science State University of Malang. Supervisors (I) Dra. Susilowati M.S. (II) Frida Kunti Setiowati S.T M.Si Keywords PBL of Quantum Teaching-based creative thinking skills learning results. Biology learning at Senior High Schools is expected to be an alternative for students to learn them selves nature surroundings and further development process on its implementation for daily life. Biology learning for the X graders of MA An-Namirah still uses simple learning method students curiosity and creative thinking skills are still low and so does their learning results. According to the observation result STAD model used did not accentuate students creative thinking skills which caused the low of students cognitive learning results. Hence it is required to create the learning innovation done by teachers which is able to make more meaningful learning. One of models which can be used is PBL model of Quantum Teaching based. The study aims to find out 1) the influence of PBL which is Quantum Teaching-based on the environment pollution material towards students creative thinking skills for the X grade of MA An-Namirah Tanah Merah 2) the influence of PBL which is Quantum Teaching-based on the environment pollution material towards students learning results for the X grade of MA An-Namirah Tanah Merah. The research design used is quasi experiment through pretest-posttest nonequivalent control group design. The independent variable of this study is the learning model. The dependent variables of this study are creative thinking skills and cognitive learning results. The populations of this study are the X graders of Science major on the even semester at MA An-Namirah 2016-2017 periods which consisting of 2 learning groups. The sampling technique used on this study is saturated samples is all populations are taken to be the samples. The samples of this study are students of X MIPA 1 as experimental group that are taught PBL of Quantum Teaching-based and students of X MIPA 2 as control group that are taught of STAD learning model. The research findings showed that there is influence of Quantum Teaching-based PBL on the environment pollution material towards students creative thinking skills and learning results for the X grade of MA An-Namirah Tanah Merah Bangkalan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 Oct 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/25199 |
Actions (login required)
View Item |