Sampurna, Intan Sartika Risky (2017) Pengembangan media interaktif mobile learning berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk siswa kelas XI SMA N2 Malang / Intan Sartika Risky Sampurna. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Sartika Intan. 2017. Pengembangan Media Interaktif Mobile Learning Berbasis Problem Base Learning (PBL) Untuk Siswa Kelas XI SMA N 2 Malang. Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negri Malang. Pembimbing (1) Dr. Endang Suarsini M.Ked. (2) Dr. Umie Lestari M.Si. Kata Kunci Multimedia Interaktif Mobile Learning Problem Base Learning (PBL) Sistem Ekskresi Kesulitan dalam pembelajaran biologi yang dihadapi oleh guru yaitu menjelskan bioproses yang terjadi pada suatu sistem yang ada di dalam tubuh manusia dengan media pembelajaran yang sesuai dengan model pembelajaran yang digunakan. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru Biologi dan penyebaran angket untuk siswa diperoleh hasil analisis kebutuhan siswa menunjukkan 70% siswa selama proses pembelajaran hanya menggunakan media pembelajan buku teks. Hal ini menjadikan siswa sulit untuk memahami materi karena materi Sistem Ekskresi utamanya bioproses masih abstrak. Fasilitas yang lengkap di SMA N 2 Malang masih kurang dimanfaatkan salah satunya adalah fasilitas internet dimana siswa masih kurang memanfaatkan dalam proses pembelajaran saat pembelajaran berlangsung masih banyak siswa yang menggunakan smart phone untuk mengases game dan social media. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan media interaktif mobile learning berbasis PBL yang tervalidasi dan kepraktisan mobile learning sebagai media belajar siswa SMA kelas XI . Penelitian ini mengadaptasi model pengembangan 4-D yang dikemukakan oleh Thiagarajan. Proses pengembangan diawali dengan define untuk mengetahui permasalahan yang ada pada proses belajar mengajar dan bagaimana cara penyelesaiannya. Desain media interaktif mobile learning berbasis PBL yang disesuaikan dengan hasil define. Develop pada tahap ini dilakukan uji kelayakan pada ahli media ahli materi ahli praktisi lapangan dan ujicoba kelompok kecil. Hasil uji kelayakan media termasuk sangat valid dengan perolehan persentase oleh validasi ahli media produk ini termasuk dalam kriteria sangat valid dengan nilai 89.7%. Hasil validasi ahli materi produk ini termasuk dalam kriteria sangat valid dengan nilai 96.66 %. Hasil penilaian oleh ahli praktisi lapangan produk multimedia interaktif mobile learning termasuk dalam kriteria sangat valid dengan nilai 92 % . Hasil uji kepraktisan pada kelompok kecil memperoleh persentase 83.4%. media interaktif ini efektif digunakan dalam proses pembelajaran. Tahap terakhir adalah desiminate nilai efektifitas media dalam pembelajaran sebesar 45% (pre-test) dan 100% untuk (post-test) dan hasil kepraktissan media setelah dilakukn uji coba kelompok besar sejumlah 88.21% . Kesimpulan secara keseluruhan hasil penelitian pengembangan media interaktif sangat layak / valid sangat praktis dan sangat efektif digunakan dalam proses pembelajaran Biologi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 09 Oct 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/25196 |
Actions (login required)
View Item |