Penerapan model inkuiri terbimbing dipadu dengan Numbered Head Together (NHT) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar biologi siswa kelas X MA Maarif Sukorejo / Firdausi Nuzuliya - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model inkuiri terbimbing dipadu dengan Numbered Head Together (NHT) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar biologi siswa kelas X MA Maarif Sukorejo / Firdausi Nuzuliya

Nuzuliya, Firdausi (2017) Penerapan model inkuiri terbimbing dipadu dengan Numbered Head Together (NHT) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar biologi siswa kelas X MA Maarif Sukorejo / Firdausi Nuzuliya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nuzuliya Firdausi. 2017. Penerapan Model Inkuiri Terbimbing Dipadu dengan Numbered Heads Together (NHT) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X MA Maarif Sukorejo. Skripsi. Jurusan Biologi Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dra. Herawati Susilo M.Sc. Ph. D. (II) Dr. Sri Rahayu Lestari M.Si. Kata Kunci Inkuiri terbimbing Numbered Heads Together (NHT) berpikir kritis hasil belajar Hasil observasi kegiatan pembelajaran dan wawancara dengan guru Biologi kelas X3 MA Maarif Sukorejo didapatkan bahwa pembelajaran yang selama ini berlangsung masih belum dapat melatih dan meningkatkan kemampuan berpikir kritis serta hasil belajar kognitif siswa. Pembelajaran dengan model inkuiri terbimbing dengan Numbered Heads Together (NHT) akan membuat dan melatih siswa untuk membangun jawaban dan berpikir cerdas dalam menemukan berbagai alternatif solusi atau permasalahan yang diajukan oleh guru dengan harapan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas di mana penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa dalam 2 siklus tiap siklus terdiri dari 3 pertemuan. Subjek dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X3 MA Maarif Sukorejo. Data kemampuan berpikir kritis berupa skor yang diperoleh dari tes akhir kemampuan berpikir kritis berupa soal uraian yang sesuai dengan rubrik berpikir kritis. Hasil belajar terdiri atas hasil belajar kognitif berupa skor tes akhir siklus dan psikomotor berupa hasil observasi psikomotor siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Kemampuan berpikir kritis siswa pada siklus I menunjukkan hasil persentase rata-rata seluruh indikator sebesar 78 67% dengan kriteria kritis sedangkan pada siklus II sebesar 85 43% dengan kriteria sangat kritis. Hasil belajar kognitif siswa menunjukkan ketuntasan klasikal sebesar 59 52% pada siklus I dan sebesar 85 71% pada siklus II. Hasil belajar psikomotor berupa keterampilan diskusi dan presentasi menunjukkan ketuntasan klasikal sebesar 61 90% dengan kriteria cukup pada siklus I dan sebesar 76 19% dengan kriteria baik pada siklus II. Beberapa temuan hasil penelitian ini yaitu adanya keunggulan dari perpaduan sintaks inkuiri terbimbing NHT pada tahap melakukan investigasi dimana pada tahap ini sangat melatih keterampilan berpikir dan psikomotor siswa kemudian pada tahap mengkomunikasikan hasil memiliki keunggulan siswa tidak hanya menjawab pertanyaan akan tetapi siswa juga mampu memberikan pertanyaan kritik serta saran selama diskusi dilakukan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan penerapan pembelajaran model inkuiri terbimbing dipadu dengan Numbered Heads Together (NHT) perlu dilakukan untuk membuat kegiatan pembelajaran lebih menarik dan dapat juga memadukan dengan model pembelajaran yang lain. Pembelajaran dengan model ini dapat diterapkan dengan memperhatikan pengelolaan waktu yang baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/25194

Actions (login required)

View Item View Item