Pengembangan majalah sains pelestarian burung bermuatan pendidikan konservasi sebagai sumber belajar mandiri untuk siswa kelas X SMA PGRI Kepanjen / Shafura Nida Ul Jannah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan majalah sains pelestarian burung bermuatan pendidikan konservasi sebagai sumber belajar mandiri untuk siswa kelas X SMA PGRI Kepanjen / Shafura Nida Ul Jannah

Jannah, Shafura Nida Ul (2017) Pengembangan majalah sains pelestarian burung bermuatan pendidikan konservasi sebagai sumber belajar mandiri untuk siswa kelas X SMA PGRI Kepanjen / Shafura Nida Ul Jannah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Jannah Shafura N.U. 2017. Pengembangan Majalah Sains Pelestarian Burung Bermuatan Pendidikan Konservasi sebagai Sumber Belajar Mandiri untuk Siswa Kelas X SMA PGRI Kepanjen. Skripsi Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Susilowati M.S (II) Sofia Ery Rahayu S.Pd M.Si Kata kunci Majalah sains pendidikan konservasi pelestarian burung. Keanekaragaman burung di Indonesia mencapai 17% dari total spesies burung di dunia. Indonesia juga memiliki daftar panjang burung yang hampir punah. Penyebab utama tingginya jumlah burung hampir punah adalah kurangnya pendidikan konservasi di masyarakat sehingga masyarakat melakukan perburuan liar dan tidak menjaga keseimbangan ekosistem. Hal tersebut dibuktikan oleh fakta di lapangan yang menunjukkan bahwa pengetahuan dan sikap pelestarian burung siswa kelas X di SMA PGRI Kepanjen masih rendah. Pendidikan konservasi dapat dilakukan oleh lembaga formal dan informal. Sekolah dapat melakukan pendidikan konservasi dengan mengintegrasikan pendidikan konservasi ke dalam proses pembelajaran. Cara tersebut antara lain adalah membuat media bermuatan pendidikan konservasi sebagai sumber belajar mandiri siswa. SMA PGRI Kepanjen masih belum memiliki media bermuatan pendidikan konservasi oleh karena itu perlu dikembangkan majalah sains bermuatan pendidikan konservasi sebagai sumber belajar mandiri siswa. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan majalah sains pelestarian burung bermuatan pendidikan konservasi sebagai sumber belajar mandiri untuk siswa kelas X SMA PGRI Kepanjen. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan utama (1) Analyze/ Menganalisis (2) Design/Merancang (3) Development/Mengembangkan (4) Implement/Menerapkan dan (5) Evaluate/ Mengevaluasi. Majalah sains pelestarian burung divalidasi oleh 1 ahli materi 1 ahli media 1 praktisi lapang 3 peer reviewer serta diuji coba skala kecil dengan 10 responden dan implementasi produk di kelas X dengan jumlah responden 17 orang. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan bahwa majalah valid dan praktis. Hal ini terlihat pada hasil validasi oleh ahli materi sebesar 91 96% ahli media 89 88% praktisi lapang 79 66% dan peer reviewer 93 85%. Hasil uji coba skala kecil menunjukkan kepraktisan majalah sains sebesar 83 5% artinya majalah sains sangat sesuai/ sangat tepat digunakan dan sangat mudah dipahami bahasanya sehingga mampu menyampaikan informasi dengan baik. Berdasarkan hasil uji coba tersebut menunjukkan bahwa majalah sains pelestarian burung bermuatan pendidikan konservasi sebagai sumber belajar mandiri untuk siswa kelas X SMA PGRI Kepanjen layak dan dapat digunakan sebagai bentuk alternatif pendidikan konservasi di sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Sep 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/25193

Actions (login required)

View Item View Item