Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berbantuan mind mapping untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas XI MIPA 7 SMA Negeri 7 Malang / Dian Hidayaturrahma - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berbantuan mind mapping untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas XI MIPA 7 SMA Negeri 7 Malang / Dian Hidayaturrahma

Hidayaturrahma, Dian (2017) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berbantuan mind mapping untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas XI MIPA 7 SMA Negeri 7 Malang / Dian Hidayaturrahma. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hidayaturrahma Dian. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbantuan Mind Mapping untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI MIPA 6 SMA Negeri 7 Malang. Skripsi Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Masjhudi M.Pd. (II) Nuning Wulandari S. Si M. Si. Kata Kunci Kooperatif Jigsaw Mind Mapping motivasi hasil belajar Kegiatan belajar seharusnya menarik dan menimbulkan ketertarikan. Ketertarikan ini dapat dipengaruhi oleh motivasi belajar pada siswa. Motivasi ini erat kaitannya dengan hasil belajar siswa. Permasalahan di kelas yaitu rendahnya motivasi siswa ditandai dengan beberapa siswa cenderung pasif jarang bertanya saat berdiskusi kelas. Hasil belajar juga rendah yang ditunjukkan dengan rendahnya ketuntasan klasikal siswa yaitu 56 25% belum mencapai ketuntasan belajar sebesar 85%. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini yaitu menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berbantuan Mind Mapping. Model Jigsaw dipilih karena seluruh kegiatan berpusat pada siswa dan menimbulkan ketergantungan positif dengan teman sehingga lebih aktif dalam proses belajar. Penggunaan mind mapping diharapkan membuat siswa lebih mudah mempelajari dan menjelaskan materi yang dipelajarinya karena siswa memahami materi berdasarkan pemahamannya dan menyampaikan ke temannya dengan mudah sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa Kelas XI MIPA 6 SMA Negeri 7 Malang. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari empat tahap yakni (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) pengamatan (4) refleksi. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes. Instrumen penelitian berupa (1) lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw berbantuan Mind Mapping (2) angket motivasi belajar (3) soal tes akhir siklus. Analisis Data berupa analisis deskriptif kualitatif terdiri atas (1) reduksi data (2) paparan data (3) penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan sebagai berikut. 1) keterlaksanaan model pembelajaran oleh guru meningkat sebesar 6 95% dari Siklus I sebesar 86 11% (sangat baik) menjadi 93 06% (sangat baik) pada Siklus II keterlaksanaan model pembelajaran oleh siswa meningkat sebesar 2 08% dari siklus I sebesar 88 89% (sangat baik) menjadi 90 97% (sangat baik) pada siklus II. 2) motivasi belajar siswa meningkat sebesar 0 48 dari siklus I sebesar 3 68 (baik) ke siklus II sebesar 4 16 (baik). 3) Hasil belajar siswa ranah sikap meningkat sebesar 6 6 dari 79 73 pada siklus I menjadi 86 33 pada siklus II dan nilai ranah kognitif meningkat sebesar 0 36 dari 84 28 pada siklus I menjadi 84 64 pada siklus II. 4) Ketuntasan klasikal juga meningkat sebesar 12 5 % dari siklus I sebesar 84 37% menjadi 96 87% pada siklus II. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berbantuan Mind Mapping dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI MIPA 6 SMA Negeri 7 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Sep 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/25192

Actions (login required)

View Item View Item