Pengaruh model inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar kognitif materi sistem regulasi pada siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Tulungagung semester genap tahun ajaran 2016/2017 / Dina Yuli Pertiwi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar kognitif materi sistem regulasi pada siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Tulungagung semester genap tahun ajaran 2016/2017 / Dina Yuli Pertiwi

Pertiwi, Dina Yuli (2017) Pengaruh model inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar kognitif materi sistem regulasi pada siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Tulungagung semester genap tahun ajaran 2016/2017 / Dina Yuli Pertiwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pertiwi Dina Yuli. 2017. Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Kognitif Materi Sistem Regulasi Pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Tulungagung Semester Genap Ajaran 2016/2017 Skripsi Jurusan Biologi Prodi Pendidikan Biologi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Endang Suarsini M. Ked. (II) Sri Rahayu Lestari M.Si. Kata Kunci Inkuiri Terbimbing Hasil Belajar Kognitif Pendidikan yang berkualitas memerlukan tenaga pembelajar atau guru yang mampu dan siap berperan secara profesional dalam lingkungan sekolah dan masyarakat. Tuntutan terhadap pembelajar atau guru sejalan dengan kemajuan IPTEK cukup tinggi yaitu guru tidak cukup hanya memiliki kompetensi mampu membelajarkan anak yang belajar (siswa) akan tetapi guru juga harus memiliki kompetensi mampu melaksanakan kegiatan instruksional atau pembelajaran yaitu kegiatan mengatur atau mengelola informasi dan lingkungan untuk memfasilitasi kegiatan belajar siswa. Lingkungan dalam pengertian ini bukan hanya tempat dimana kegiatan belajar berlangsung tetapi mencakup metode media sistem penilaian serta sarana dan prasarana yang diperlukan untuk mengemas informasi (bahan pelajaran) dan mengatur bimbingan belajar sehingga memudahkan siswa untuk belajar. Hasil belajar kognitif sebagian besar siswa pada mata pelajaran biologi juga tergolong masih rendah. Hal ini terlihat dari data hasil nilai ulangan tengah semester (UTS) sebanyak 40% siswa kelas XI memperoleh nilai dibawah kriteria ketuntasan minimal (KKM) sebesar 75. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan model inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar kognitif siswa. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Tulungagung pada bulan Maret sampai dengan Mei 2017. Metode penelitian ini menggunakan metode quasi experiment dengan desain nonrandomized kontrol group pretest-posttest design dengan teknik pengambilan sampel yaitu purpossive sampling. Sampel yang digunakan yaitu siswa kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XI IPA 4 sebagai kelas kontrol yang masing-masing diberi pretest dan posttest. Instrumen dalam penelitian ini terdiri dari instrumen perlakuan meliputi perangkat pembelajaran dan instrumen pengukuran meliputi tes hasil belajar kognitif berupa soal pilihan ganda dan esai. Data yang diperoleh berupa hasil belajar kognitif dianalisis menggunakan analisis kovarian dengan taraf signifikasi 5% kemudian diuji dengan gain score untuk mengetahui peningkatannya. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa hipotesis penelitian diterima sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh penerapan model inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas XI IPA SMA. Hasil belajar kognitif siswa mengalami peningkatan dikarenakan pembelajaran inkuiri terbimbing mengajak siswa untuk terlibat dalam masalah kontekstual yang berkaitan dengan sistem regulasi siswa diajak menemukan konsepnya sendiri dan lebih mengingat konsep-konsep yang berkaitan dengan temuannya. ABSTRACT Pertiwi Dina Yuli. 2017. Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Kognitif Materi Sistem Regulasi Pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Tulungagung Semester Genap Ajaran 2016/2017 Skripsi Jurusan Biologi Prodi Pendidikan Biologi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Endang Suarsini M. Ked. (II) Sri Rahayu Lestari M.Si. Key Words Guided Inquiry Cognitive learning outcomes Qualified education requires a learner or teacher who is capable and ready to play a professional role in the school and community environment. The demand of the learner or teacher in line with the progress of science and technology is high enough that is the teacher is not enough to have the competence to be able to teach student but the teacher must also have the competence able to carry out instructional activities or learning that is activities to organize or manage information and environment To facilitate student learning activities. Environment in this sense is not only a place where learning activities take place but includes methods media assessment systems as well as facilities and infrastructure needed to package information (learning materials) and organize learning guidance so as to facilitate students to learn. This can be seen from the data of semester midterm score as much as 40% of students of grade XI get the value under the minimum completeness criteria of 75. This study aims to analyze the influence of the application of guided inquiry model to the students cognitive learning outcomes. This research was conducted at SMA Negeri 1 Tulungagung in March until May 2017. This research method used quasi experiment method with nonrandomized control group control pretest-posttest with sampling technique design that is purposive sampling. The sample used is the students of class XI IPA 2 as the experimental class and the sctudents of grade XI IPA 4 as the control class each given pretest and posttest. Instruments in this study consisted of treatment instruments include learning tools and measurement instruments including test results of cognitive learning in the form of multiple choice questions and essays. Data obtained in the form of cognitive learning outcomes were analyzed using covariance analysis with 5% significance level then tested with gain score to know the improvement. The result of hypothesis test shows that the research hypothesis is accepted so it can be concluded that there is influence of the application of guided inquiry model to the cognitive learning result of the students of grade XI IPA SMA. The cognitive learning outcomes of students have increased because the guided inquiry study invites students to engage in contextual issues related to the regulatory system students are invited to find their own concepts and better remember the concepts related to the findings. ABSTRAK Pertiwi Dina Yuli. 2017. Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Kognitif Materi Sistem Regulasi Pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Tulungagung Semester Genap Ajaran 2016/2017 Skripsi Jurusan Biologi Prodi Pendidikan Biologi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Endang Suarsini M. Ked. (II) Sri Rahayu Lestari M.Si. Kata Kunci Inkuiri Terbimbing Hasil Belajar Kognitif Pendidikan yang berkualitas memerlukan tenaga pembelajar atau guru yang mampu dan siap berperan secara profesional dalam lingkungan sekolah dan masyarakat. Tuntutan terhadap pembelajar atau guru sejalan dengan kemajuan IPTEK cukup tinggi yaitu guru tidak cukup hanya memiliki kompetensi mampu membelajarkan anak yang belajar (siswa) akan tetapi guru juga harus memiliki kompetensi mampu melaksanakan kegiatan instruksional atau pembelajaran yaitu kegiatan mengatur atau mengelola informasi dan lingkungan untuk memfasilitasi kegiatan belajar siswa. Lingkungan dalam pengertian ini bukan hanya tempat dimana kegiatan belajar berlangsung tetapi mencakup metode media sistem penilaian serta sarana dan prasarana yang diperlukan untuk mengemas informasi (bahan pelajaran) dan mengatur bimbingan belajar sehingga memudahkan siswa untuk belajar. Hasil belajar kognitif sebagian besar siswa pada mata pelajaran biologi juga tergolong masih rendah. Hal ini terlihat dari data hasil nilai ulangan tengah semester (UTS) sebanyak 40% siswa kelas XI memperoleh nilai dibawah kriteria ketuntasan minimal (KKM) sebesar 75. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan model inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar kognitif siswa. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Tulungagung pada bulan Maret sampai dengan Mei 2017. Metode penelitian ini menggunakan metode quasi experiment dengan desain nonrandomized kontrol group pretest-posttest design dengan teknik pengambilan sampel yaitu purpossive sampling. Sampel yang digunakan yaitu siswa kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XI IPA 4 sebagai kelas kontrol yang masing-masing diberi pretest dan posttest. Instrumen dalam penelitian ini terdiri dari instrumen perlakuan meliputi perangkat pembelajaran dan instrumen pengukuran meliputi tes hasil belajar kognitif berupa soal pilihan ganda dan esai. Data yang diperoleh berupa hasil belajar kognitif dianalisis menggunakan analisis kovarian dengan taraf signifikasi 5% kemudian diuji dengan gain score untuk mengetahui peningkatannya. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa hipotesis penelitian diterima sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh penerapan model inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas XI IPA SMA. Hasil belajar kognitif siswa mengalami peningkatan dikarenakan pembelajaran inkuiri terbimbing mengajak siswa untuk terlibat dalam masalah kontekstual yang berkaitan dengan sistem regulasi siswa diajak menemukan konsepnya sendiri dan lebih mengingat konsep-konsep yang berkaitan dengan temuannya. ABSTRACT Pertiwi Dina Yuli. 2017. Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Kognitif Materi Sistem Regulasi Pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Tulungagung Semester Genap Ajaran 2016/2017 Skripsi Jurusan Biologi Prodi Pendidikan Biologi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Endang Suarsini M. Ked. (II) Sri Rahayu Lestari M.Si. Key Words Guided Inquiry Cognitive learning outcomes Qualified education requires a learner or teacher who is capable and ready to play a professional role in the school and community environment. The demand of the learner or teacher in line with the progress of science and technology is high enough that is the teacher is not enough to have the competence to be able to teach student but the teacher must also have the competence able to carry out instructional activities or learning that is activities to organize or manage information and environment To facilitate student learning activities. Environment in this sense is not only a place where learning activities take place but includes methods media assessment systems as well as facilities and infrastructure needed to package information (learning materials) and organize learning guidance so as to facilitate students to learn. This can be seen from the data of semester midterm score as much as 40% of students of grade XI get the value under the minimum completeness criteria of 75. This study aims to analyze the influence of the application of guided inquiry model to the students cognitive learning outcomes. This research was conducted at SMA Negeri 1 Tulungagung in March until May 2017. This research method used quasi experiment method with nonrandomized control group control pretest-posttest with sampling technique design that is purposive sampling. The sample used is the students of class XI IPA 2 as the experimental class and the sctudents of grade XI IPA 4 as the control class each given pretest and posttest. Instruments in this study consisted of treatment instruments include learning tools and measurement instruments including test results of cognitive learning in the form of multiple choice questions and essays. Data obtained in the form of cognitive learning outcomes were analyzed using covariance analysis with 5% significance level then tested with gain score to know the improvement. The result of hypothesis test shows that the research hypothesis is accepted so it can be concluded that there is influence of the application of guided inquiry model to the cognitive learning result of the students of grade XI IPA SMA. The cognitive learning outcomes of students have increased because the guided inquiry study invites students to engage in contextual issues related to the regulatory system students are invited to find their own concepts and better remember the concepts related to the findings.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Sep 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/25191

Actions (login required)

View Item View Item