Kurniawan, Edy (2017) Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis potensi Hutan Kota Malabar pada materi plantae untuk siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Malang / Edy Kurniawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Kurniawan Edy. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Potensi Hutan Kota Malabar pada Materi Plantae untuk Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 1 Malang. Skripsi Jurusan Biologi. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Triastono Imam Prasetyo M. Pd (2) Dra. Eko Sri Sulasmi M.S Kata Kunci pengembangan perangkat pembelajaran Hutan Kota Malabar Plantae Kegiatan pembelajaran pada Kurikulum 2013 diharapkan menggunakan pendekatan ilmiah (scientific approach) serta berbasis kontekstual dalam kehidupan sehari-hari. Potensi lokal sebagai sumber belajar merupakan aplikasi nyata pembelajaran kontekstual. Hasil wawancara yang dilakukan dengan guru dan siswa Biologi kelas X SMA Muhammadiyah 1 Malang diketahui bahwa guru belum memanfaatkan Hutan Kota Malabar sebagi sumber belajar materi Plantae.Berdasarkan latar belakang tersebut dilakukan penelitian Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Potensi Hutan Kota Malabar pada Materi Plantae untuk Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 1 Malang . Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini untuk (1) Menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis potensi Hutan Kota Malabar pada materi Plantae untuk siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Malang. (2) Mengetahui tingkat kevalidan kepraktisan dan keefektifan perangkat pembelajaran Biologi berbasis Hutan Kota Malabar pada materi Plantae untuk siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Malang. Model penelitian dan pengembangan perangkat pembelajaran ini menggunakan model pengembangan 4-D yang dikembangkan oleh Sivasailam Thiagarajan dkkpada tahun 1974. Model pengembangan 4-D terbagi menjadi 4 tahapan yaitu Define Design Develop dan Deseminate.Produk yang dihasilkan dari penelitian dan pengembangan ini berupa perangkat pembelajaran Biologi berbasis potensi Hutan Kota Malabar dengan kajian Plantae untuk kelas X SMA. Produk tersebut divalidasi oleh ahli pendidikan ahli materi dan praktisi lapangan. Setelah melalui validasi pada tahap Develop produk direvisi berdasarkan komentar dan saran yang diberikan validator. Tahap selanjutnya yaitu uji coba produk pada siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Malang untuk mengetahui tingkat kepraktisan dan keefektifan produk. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan diketahui bahwa perangkat pembelajaran memiliki persentase tingkat kevalidan sebesar 97 07 % dengan kriteria sangat valid persentasi uji kepraktisan sebesar 91 09 % dengan kriteria sangat praktis dan nilai N-gain sebesar 0 81 dengan kriteria keefektifan tinggi. Perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan layak untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran Biologi pada materi Plantae kelas X. SUMMARY Kurniawan Edy. 2017. Development Learning Instruments based on Malabar City Forest Potential on Plantae Material for Students of Class X Senior High School Muhammadiyah 1 Malang Thesis Biology Departement Faculty of Math and Science State University of Malang Advisors (I) Drs. Triastono Imam Prasetyo M. Pd (II) Dra. Eko Sri Sulasmi M.S. Keywords development learning instrument Malabar City Forest Plantae Learning activities in the Curriculum 2013 are expected to use a scientific approach as well as contextually based in daily life. Local potential as a learning resource is a real application of contextual learning. Results of interviews conducted with teachers and students Biology class X Senior High School Muhammadiyah 1 Malang note that teachers have not utilized Malabar City Forest as a source of learning materials Plantae. Based on the background the research was conducted Development of Malabar City Potential Based Learning Device on Plantae Material for Students of Class X SMA Muhammadiyah 1 Malang . The purpose of this research and development is to (1) Produce learning tools based on Malabar City Forest potential on Plantae material for students of grade X SMA Muhammadiyah 1 Malang. (2) To know the validity practicality and effectiveness level of Malabar Forest-based Biology Learning Kit on Plantae material for grade X Senior High School Muhammadiyah 1 Malang. The research and development model of this learning device uses a 4-D development model developed by Sivasailam Thiagarajan et al in 1974. The 4-D development model is divided into 4 stages Define Design Develop and Deseminate. The product resulting from this research and development is a Biology learning tool based on Malabar City Forest potential with Plantae study for X grade SMA. The product is validated by educational experts materials experts and field practitioners. After going through validation at the Develop stage the product is revised based on the comments and suggestions provided by the validator. The next stage is product testing on students of class XI SMA Muhammadiyah 1 Malang to determine the level of practicality and effectiveness of the product. Based on the result of research and development it is known that learning tool has a validity percentage of 97.07% with very valid criteria practicality test percentage 91.09% with very practical criteria and N-gain value of 0.81 with high effectiveness criteria. Learning instruments that have been developed are feasible for use in Biology learning activities on Plantae materials class X. 8195
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 11 Sep 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/25190 |
Actions (login required)
View Item |