Ananti, Yoananda Ramadina (2017) Penerapan multimedia pembelajaran interaktif berbasis Problem-Based Learning (PBL) pada mata pelajaran Biologi untuk meningkatkan hasil belajar kognitif dan berpikir kritis siswa kelas XII IPA SMA / Yoananda Ramadina Ananti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Ananti Yoananda Ramadina. 2017. Penerapan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Problem-based learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif dan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI IPA SMA Skripsi Jurusan Biologi Prodi Pendidikan Biologi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Endang Suarsini M. Ked. (II) Dr. Umie Lestari M.Si. Kata Kunci hasil belajar kognitif berpikir kritis multimedia pembelajaran interaktif berbasis problem-based learning (PBL). Pembelajaran harus diselenggarakan berbasis aktivitas dengan karakteristik interaktif untuk menumbuhkan keterampilan berpikir kritis yang merupakan tuntutan pendidikan pada abad 21 ini sehingga meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil observasi pada kelas XI IPA 5 dan XI IPA 6 menunjukkan bahwa hasil belajar kognitif siswa terbilang rendah serta siswa mengalami kesulitan pada salah satu indikator berpikir kritis yaitu menganalisis sehingga dilakukanlah penelitian dengan penerapan multimedia pembelajaran interaktif yang berbasis problem-based learning (PBL) pada pembelajaran sebagai salah satu cara untuk meningkatkan hasil belajar kognitif dan berpikir kritis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penerapan multimedia pembelajaran interaktif berbasis problem-based learning (PBL) pada materi sistem respirasi dan sistem ekskresi dalam meningkatkan hasil belajar kognitif dan berpikir kritis siswa kelas XI IPA SMA. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Turen pada bulan Februari sampai dengan Maret 2017. Metode penelitian ini menggunakan metode quasi experiment dengan desain nonrandomized kontrol group pretest-posttest design dengan teknik pengambilan sampel purpossive sampling. Sampel yang digunakan yaitu siswa kelas XI IPA 5 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XI IPA 6 sebagai kelas kontrol yang masing-masing diberi pretes dan posttes. Instrumen dalam penelitian ini terdiri dari instrumen perlakuan meliputi perangkat pembelajaran dan instrumen pengukuran meliputi tes berupa pilihan ganda untuk hasil belajar kognitif dan esai untuk berpikir kritis materi sistem respirasi dan sistem ekskresi serta non tes berupa lembar observasi keterlaksanaan sintaks. Analisis data tes hasil belajar kognitif mendapatkan nilai F hitung sebesar 18 375 dengan p-value 0 000 945 ( 945 0 05) sedangkan data tes berpikir kritis mendapatkan nilai F hitung sebesar 18 648 dengan p-value 0 000 945 ( 945 0 05). Kedua hasil uji hipotesis tersebut menunjukkan bahwa H0 ditolak dan hipotesis penelitian diterima sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh dari penerapan multimedia pembelajaran interaktif berbasis problem-based learning (PBL) dalam meningkatkan hasil belajar kognitif dan berpikir kritis siswa kelas XI IPA SMA. ABSTRACT Ananti Yoananda Ramadina. 2017. Application of Multimedia Interactive Learning Based Problem-based learning (PBL) To Improve Cognitive Learning Outcomes and Critical Thinking Skills ofSains Class Students Grade XI SMA. Bachelor Thesis. Departement of Biology Education Program Faculty of Mathematics and Natural Science Universitas Negeri Malang. Advisor (I) Dr. Endang Suarsini M. Ked. (II) Dr. Umie Lestari M.Si. Keywords cognitive learning outcomes critical thinking interactive multimedia based problem-based learning (PBL). Learning should be organized based on activities with interactive characteristics to develop critical thinking skills that are the demands of education in the 21st century as well as to improve student learning outcomes. The result of observation in class XI IPA 5 and XI IPA 6 showed that the cognitive learning result of students was low and students had difficulties in one of the critical thinking indicator that was analyzing so it was done by assembling interactive multimedia based on problem-based learning (PBL) as one way to improve students cognitive learning outcomes and critical thinking. This study aims to determine the influence of the application of interactive multimedia based problem-based learning (PBL) in improving the cognitive learning outcomes and critical thinking of students in sciencestudents of senior high school. This research was conducted at SMA Negeri 1 Turen in February until March 2017. This research method uses quasi experiment method with nonrandomized control group pretest-posttest design with purposive sampling as sampling technique. The sample are students of class XI IPA 5 as the experimental class and the students of grade XI IPA 6 as the control class each of them is given pretes and posttes. The instruments in this study consist of treatment instruments include learning tools and measurement instruments including multiple choice test for cognitive learning outcomes and essays for critical thinking and non test in the form of observation sheet of syntax implementation. The result of analysis about cognitive learning test get F value 18 375 with p-value 0 000
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 30 Aug 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/25187 |
Actions (login required)
View Item |