Penerapan model inkuiri terbimbing dipadu dengan model Numbered Heads Together (NHT) untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi dan hasil belajar biologi siswa kelas X SMA Negeri 1 Kepanjen / Wiwit Rahayu - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model inkuiri terbimbing dipadu dengan model Numbered Heads Together (NHT) untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi dan hasil belajar biologi siswa kelas X SMA Negeri 1 Kepanjen / Wiwit Rahayu

Rahayu, Wiwit (2017) Penerapan model inkuiri terbimbing dipadu dengan model Numbered Heads Together (NHT) untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi dan hasil belajar biologi siswa kelas X SMA Negeri 1 Kepanjen / Wiwit Rahayu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rahayu Wiwit. 2017. Penerapan Model Inkuiri Terbimbing Dipadu dengan Model Numbered Heads Together (NHT) untuk Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kepanjen. Skripsi Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Masjhudi M.Pd (2) Dra. Amy Tenzer M.S. Kata kunci inkuiri terbimbing NHT kemampuan berkomunikasi hasil belajar. Berdasarkan observasi dan wawancara dengan guru mata pelajaran Biologi saat melakukan Kajian dan Praktik Lapangan (KPL) tanggal 17 September - 29 Oktober 2016 di SMAN 1 Kepanjen didapatkan data bahwa persentase ketuntasan hasil belajar klasikal pada ranah pengetahuan siswa kelas X-MIA 5 sebesar 58 3%. Kemampuan berkomunikasi siswa juga rendah dilihat dari siswa yang masih belum mampu menjelaskan dengan baik bertanya dan menjawab pertanyaan dengan baik serta masih membaca LKS saat menjelaskan. Hal ini disebabkan belum digunakannya model pembelajaran yang sesuai dengan pendekatan saintifik. Melalui penerapan Model Inkuiri Terbimbing dipadu dengan Model Numbered Heads Together (NHT) diharapkan kemampuan berkomunikasi dan hasil belajar siswa dapat meningkat. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas dalam 2 siklus tiap siklus terdiri dari 3 pertemuan. Subjek penelitian ialah siswa kelas X MIA-5. Data keterlaksanaan pembelajaran kemampuan berkomunikasi siswa diperoleh dari lembar observasi. Data hasil belajar siswa pada ranah pengetahuan diperoleh dari nilai tes akhir siklus yang dilakukan setiap akhir siklus. Data hasil belajar ranah keterampilan dan sikap diperoleh dari lembar observasi selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan model Inkuiri Terbimbing dipadu dengan model Numbered Heads Together (NHT) sudah terlaksana dengan sangat baik sesuai dengan sintaksnya. Rata-rata nilai kemampuan berkomunikasi siswa meningkat dari 62 6 pada siklus I menjadi 79 3 pada siklus II. Persentase ketuntasan hasil belajar klasikal ranah pengetahuan meningkat dari 72 2% pada siklus I menjadi 88 9% pada siklus II persentase ketuntasan hasil belajar klasikal ranah keterampilan meningkat dari 63 9% pada siklus I menjadi 86 1% pada siklus II dan persentase ketuntasan hasil belajar klasikal ranah sikap meningkat dari 61 1% pada siklus I menjadi 86 1% pada siklus II. Kesimpulan pada penelitian ini adalah penerapan model Inkuiri Terbimbing dipadu dengan model NHT dapat meningkatkan kemampauan berkomunikasi dan hasil belajar siswa kelas X-MIA 5 SMA Negeri 1 Kepanjen. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh saran bagi peneliti lain maupun guru bidang studi yang ingin menerapkan model Inkuiri Terbimbing dipadu dengan model NHT yaitu sebaiknya menjelaskan kepada siswa bagaimana kegiatan pembelajaran yang menggunakan perpaduan inkuiri terbimbing dan NHT sebelum proses pembelajaran menekankan kepada siswa untuk mengikuti pembelajaran sesuai waktu yang ditentukan oleh guru terutama pada saat merancang prosedur investigasi dan mengadakan pre-test dan post-test. ABSTRACT Rahayu Wiwit. 2017. Implementation of Guided Inquiry Model Combined with Numbered Heads Together (NHT) Model to Improve Communication Ability and Biology Learning Achievements of Grade X Students of SMA Negeri 1 Kepanjen. Thesis Department of Biology Faculty of Mathematics and Sciences State University of Malang. Advisors (I) Drs. Masjhudi M.Pd (2) Dra. Amy Tenzer M.S. Keywords guided inquiry NHT communication ability learning achievements. Based on observations and interviews with Biology teachers when conducting Field Study and Practice (FPA) on 17 September to 29 October 2016 at SMAN 1 Kepanjen obtained the data that the percentage of mastery learning achievements in cognitive domain of class X-MIA-5 students is 58 3%. Students communication ability are also low that shown by the student that can t explain can t ask can t answer the question and read the LKS during explain something. This is due to the not yet used learning model in accordance with the scientific approach. Through the implementation of Guided Inquiry Model combined with Numbered Heads Together (NHT) model is expected to communicate ability and learning achievements of students can be improved. This study used Classroom Action Research in 2 cycles each cycle consisting of 3 meetings. The subjects of the study were students of class X MIA-5. Feasibility of learning process students communication ability data are obtained from the observation sheet. Cognitive learning achievements data is obtained from the end-cycle test scores performed at each end of the cycle. Psychomotor and affective learning achivements data obtained from the observation sheet. The results showed that implementation of Guided Inquiry Model combined with Numbered Heads Together (NHT) model is carried out according to the syntax. The average of communication ability increase from 62 6 in cycle I to 79 3 in cycle II. Percentage of classical mastery learning achivements in cognitive domain 72 2% in the first cycle increase to 88 9% in cycle II percentage of classical mastery learning achivements in psychomotor domain increased from 63 9% in the first cycle to 86 1% in cycle II and percentage of classical mastery learning achievement in affective domain increased from 61 1% in cycle I to 86 1% in cycle II. The conclusion of this research is the implementation of guided Inquiry model combined with NHT model can improve communication ability and student learning achievement of grade X-MIA 5 SMA Negeri 1 Kepanjen. Based on the results obtained suggestions for other researchers and teachers who want to apply the guided inquiry combined with the NHT model that should explain about learning activity that used combination of guided inquiry and NHT before do the learning activity emphasise the student to participate in learning process according to time allocation that determined by teacher especially when planning the investigation doing pre-test and post-test.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/25185

Actions (login required)

View Item View Item